banner 140x600
banner 140x600
EKONOMI/PEMBANGUNANSWARA DAERAH

Bank Indonesia Gelar Sosialisasi Ciri-ciri Uang Rupiah Dan Sangsi Menolak Uang Logam

116
×

Bank Indonesia Gelar Sosialisasi Ciri-ciri Uang Rupiah Dan Sangsi Menolak Uang Logam

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Utara (Malut) selain menggelar kewajiban penggunaan Uang rupiah di Kabupaten Pulau Morotai, pihak BI juga menggelar sosialiaasi ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Kegitan Ini digelar bersamaan di dua tempat yang berbera dilantai dua Aulah kantor DPRD Kabupaten Pulau Morotai, Jln. Siswa, Dan kegiatan peduli Koin taman Kira daruba, Kec. Morotai Selatan (Morsel), Sabtu (26/10/2019).

Pelaku Usaha Dan Masyarakat Saat Mendengarkan Sosialisasi. Foto Ahmad M Ali

Asisten Manejer Kas Keliling kantor wilayah Bank Indonesia Malut Wahyu Ardi Negara pada saat memberikan materi sosialisasi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini agar masyarakat yang berada di pulau morotai dapat mengetahui tentang ciri-ciri keaslian uang rupiah.

“Ini merupakan kegiatan rutin BI, agar masyarakat dapat mengetahui mana uang asli dan mana uang palsu, serta paham dan mengerti tentang uang rupiah,” kata Wahyu.

Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P Sitanggang. Foto Ahmad M Ali

Sementara Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P Sitanggang, mengatakann masyarakat juga diminta untuk tidak menolak uang rupiah terutama uang logam, sebab bagi yang menolak uang logam, maka tetap akan dapat sangsinya.

“Jadi untuk warga yang ketika berbelanja ke kios jika ada yang tolak uang logam ada sanksinya yakni denda Rp 200 juta dan 1 tahun penjara. Jadi uang logam tidak boleh di tolak,” ujarn kapolres.

Sementara La Ode yang juga seorang pelaku usaha pada swaramalut mengatakan sosialisasi yang diberikan pihak BI  merupakan hal yang positif, sehingga masyarakat bisa membedakan uang palsu dan asli. Apalagi, kegiatan sosialisasi seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di pulau morotai ini.

“Ini merupakan hal yang positif, karena selama ini tidak pernah ada, otomatis masyarakat mendapatkan pengalaman baru,” ujarnya.

Penukaran Uangb Lusuh Dan Uang Koin. Foto Ahmad M Ali

Selain melakukan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah,  BI juga melakukan penukaran uang logam dan uang lusuh, pemasaran produk dan pembukaan rekening bank umum serta sosialisasi kewajiban penggunaan rupiah, 3D dan 5J

Hadir Asesten Direktur BI Wilayah Maluku Utara Hario Kartiko Pamungkas, Asisten Manejer BI Wahyu Ardi Negera , Asisten Manajer unit Perijinan Arief Mustofa, Oo Kepalan BPD Morotai Aprince Tutuhatunewa, Kepala Unit Morotai BRI Rido M Kumeang, Kepala BNI Syariah Pulau Morotai Suratman Anwar, Kepala Bank BNI 46 Muahamnad Fadli, Pelaku Usaha serta masyarakatnya pulau moroai..#amt

PROMO BANK INDONESIA

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!