- SWARA HALTENG/HALTIM, SWARA TERKINI

Bawaslu Halteng Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula

Swaramalut.com-Halteng

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Tengah mengadakan Sosialisasi Pemilih Pemula dengan Tema “Peran Pemilih Pemula Pada Pemilihan Umum Tahun 2019” di Kecamatan Weda,  Desa Fidijaya. Senin, (10/12/2018).

Kegiatan yang dihadiri para peserta,  yang merupakan Perwakilan  masing-masing Osis Sekolah antara lain,  SMA N 1 HALTENG,  SMK N 8 HALTENG dan Madrasyah Aliyah Negeri Weda,  ini berlangsung pada pukul 09:05 WIT,  dimana lokasi kegiatan dilaksanakan di ruang Aula Puskesmas Weda.

Sosialisasi Pemilih Pemula yang dilaksanakan Bawaslu Halteng kepada para peserta langsung dibuka oleh (Husnul Husen) selaku Komisioner Devisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (HUBALA).

Dalam penyampaiannya melalui media wartawan, Husnul sapaannya menyampaikan “Tujuan dari kegiatan ini diharapkan para calon pemilih pemula dapat ambil peran dalam Pemilihan Umum 2019 mendatang”.

Terusnya, sosialisasi ini juga merupakan bentuk Edukasi terhadap pemilih pemula untuk mengetahui apa, dan bagaimana semestinya pemilihan umum itu berlangsung.

“Pemilih pemula ini penting untuk mengetahui dan memahami proses penyelenggaraan pemilu, agar dapat mengambil peran terlibat dalam pengawasan partisipatif, untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang bermartabat. Oleh karena itu, kami berharap  jika melihat adanya kecurangan dan/atau proses pemilu ini terjadi tidak berdasarkan aturan, BAWASLU beserta jajaran di tingkat Kecamatan dan Desa, selalu membuka ruang untuk menerima laporan dan kemudian menindaklanjuti sebagaimana aturan berlaku”.

Lanjutnya,  “Sosialisasi bagi pemilih pemula ini memompa antusias para calon pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian, kita dapat menekan angka Golput yang sering terjadi pada pemilih pemula”. Ucapnya#.

Dalam Sosialisasi, turut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Bahri Sudirman) yang juga  fasilitator di Kegiatan Sosialisasi Bawaslu Kab. Halmahera Tengah.

(Bahri Sudirman) dalam penjelasnya menyampaikan ” Pentingnya adik-adik dalam memperhatikan setiap dokumen yang dimiliki,  baik berupa Kartu Keluarga, Akta Kelahiran,  dan Ijazah sesuai dengan Nama yang termuat didalamnya.

“Bahri Sudirman juga menghimbaukan kepada pemilih pemula yang  telah memasuki usia 17 Tahun agar datang ke kantor Dukcapil untuk melakukan perekaman E-KTP”..#MST

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!