BPKPAD Malut Gelar Louncing SMS Untuk Info Pajak Kendaraan Nermotor

Swaramalut.comTernate

Badan Pengelolahan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Provinsi Maluku Utara (Malut) mengelar Louncing Sms Info pajak kendaraan bermotor yang dipusatkan di Kantor Samsat Kelurahan Maliaro Kecamatan Kota Ternate Tengah pada Rabu (27/12/2017).

Sekertaris Samsat Kota Ternate Mochdar A. Adam mengatakan Kegiatan Launcing  sms info pajak kendaraan bermotor ini dalam rangka melakukan inovasi pelayanan public terutama pajak kendaraan bermotor,  agar setiap pelanggang wajib pajak sudah mudah mengatahui beban pajak, tunjakan pajak, pembayaran pajak, langsung saja ketik plat nomor (SPASI) CEK contoh DG 1570NE CEK langsung kirim ke nomor samsat 082113222839.

“Jadi langsung ketik plat nomor Spasi CEK langsung kirim ke nomor samsat yang tertera, setelah itu Langsung bisa dijawab secara otomatis oleh sistem,” Ucap Sekertaris Samsat Kota Ternate Mochdar A. Adam kepada Sejumlah Awak Media Rabu (27/12/) usai kegiatan Launcing Sms Info pajak kendaraan bermotor.

Ia menurutnya, Kegiatan louncing didampingi oleh Kabid Rekideng Polda Malut didampingi oleh jasa rahaja Arif Madiyanto, intinya kegiatan tersebut Dalam rangka memperbaharui atau renovasi pelayanan public.

“Kami terus kembangkan  sistem ini, jadi orang sudah tidak lagi datang ke kantor samsat, tinggal sms sesuai keterangan yang sudah tertera,  langsung mengatahui berapa jumlah pajak, berapa besar tunjakan pajak yang terlambat,” katanya.

Ia juga menjelaskan, Cara untuk mengatahui melakukan pembayaran, mereka harus datang ke loket atau samsat mengkonfirmasi, program ini selalu dikembangkan secara bertahap nanti januari atau Febuari 2017 nanti akan louncing lagi semua yang termasuk komponen yang ada di samsat ini sudah integrasi sudah bisa tahu.

Proses melalui bank melalui ATM nanti konfirmasi tatap muka satu kali. Nanti langsung datang membawa slip bukti pembayaran yang diterbitkan di ATM bahwa itu dia coxokan dengan samsat pada saat dia melakukan pendaftran sudah terintegritas sistem yang ada di samsat.

“Jadi dia datang sisa dia sebut nomor pol, bisa dia sebut nomor NIK, petugas pajak itu  langsung kasih, Jadi ini perlu  pengembngan inovasi melaui Sms dulu nanti diakhir Febuari kita louncing lagi pelanggang yang lain yang berkaitan denga pajak,” Bebernya.

Pemberlakuan ini berlaku semua jenis kendaraan Roda dua dan empat  yang ada di malut. Jadi kantor samsat yang ada di Malut itu yakni Empat samsat. Ternate tidore, halut, halbar.

“Jadi empat lokasi samsat ini bisa dibayar dmana saja, Jadi motor awalnya beli di Kota Maba dan bertugas di Ternate mereka sudah tidak usa lagi membawa kendaraan  mereka di sini tapi mereka langsung sms melalui pesan, langsung mereka bisa melihat biaya pajak dan tunjakan dan langsung membayar ke kantor Samsat terdekat. Ini cara mendekatkan publik soal pelayanan,” Pungkasnya.

Program Ini dalam rangka mendorong sektor pajak daerah selain menerima selain itu kita perbaiki supaya antara perbaikan dan palayanan bisa seimbang.

“Orang yang sibuk tidak usa antri di samsat tapi langsung mengecek melalui sms,”

Ia menambahkan, 2017 di Malut belum dilakukann Pengampunan pajak akan di adopsi apakah satu tahun tiga tahun atau lima tahun dalam rangka tertib admistrasi itu  harus itu dilakuakan agar mendorong penerimaan daerah dari sektor penerimaan daerah kendaraan daerah semakin lama semakin terdenda semakin lamma orang melakukan pembayaran merasa berat..#Acim

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *