- SWARA HALUT, SWARA TERKINI

Bupati Bersama Kepala Kantor Pertanahan Halut Serahkan Sertifikat kepada Masyarakat

Swaramalut.com, Halut

Bupati dan wakil bupati bersama kepala Kantor Pertanahan Halut Lakukan Penyerahan Sertifikat untuk Masyarakat dan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas(Gemapas)kamis,(27/12/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Halut Fredy Tjandua,mewakili Kapolres, mewakili Dandim 1508/Tobelo, Kasi Inter Kejari Halut, para OPD Pemda Halut, staf kantor Pertanahan Halut, para pemohon penerima sertifikat dan tamu undangan lainnya, yang berlangsung di Hibualamo desa Gamsungi Kecamatan Tobelo Kabupaten Halut.

Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Bupati dan Wakil bupati sebanyak 343 bidang tanah yang di berikan kepada pemohon di masing masing desa dintaranya Desa Gorua Selatan, Desa Popilo dan Desa Luari kecatan Tobelo Utara.

Hal ini adalah program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) sejak di tahun 2017 yang menggantikan Prona oleh pemerintah pusat yakni Menteri Agraria,” Kata Kepala Kantor Pertanahan Halut.

Kepala Kantor menyatakan bahwa PTSL menggantikan Prona artinya semua bidang tanah di wilayah desa itu di ukur semua, di petakan dan di sertifikatkan, dan apabila tanah itu bermasalah atau dalam sengketa maka tanah itu hanya di petakan saja dan tidak di terbit sertifikatnya,” jelasnya.

Lanjut dia, PTSL juga tidak memilih milih dan tidak memilah milah, maka PTSL bagi semua warga negara indonesia baik tanah,tanah rumah, tanah kebun, tanah Wakaf, dan tanah aset daerah itupun di ukur, di petakan dan di sertifikatkan, namun tetapi tanda yang terpentung adalah tanda batas hatus jelas sebelum di lakukan pengukuran, agar tidak terjadi persoalan,” terangnya.

Persoalan yang sering di alami oleh pertanahan dan selalu terjadi di lapangan yaitu persoalan tanda batas dan status kepemilikan, ini yangvsering menjadi masalah dan kendala di lapangan bagi petugas ukur, “ungkap kepala kantor.

Maka ditahun 2018 ini untuk Kabupaten Halut dan Kabupaten Pulau Morotai berjumlah 6830 bidang, dan untuk kabupaten halut sebanyak 3830 bidang di 5 kecamatan dan 12 desa, sementara sisanya di kabupaten Pulau Morotai, tapi untuk di kabupaten halut diantaranya Tobelo Tengah yakni desa Wosia, Mahia, Tobelo Utara Gorua, Gorua Selatan,Popilo,Luari. Galela Selatan yaitu Desa Seki, desa Togawa dan dan desa Bobisingo. Untuk kecamatan Kao Utara hanya satu desa saja yakni desa Bori,” jelasnya.

Sementara untuk dibtahun 2019 program PTSL untuk kabupaten Halmahera Utara mendapat 10300 bidang tanah yang harus di sertifikatkan, dan dari 10300 itu di bagi kususnya daerah transmigrasi  sebanyak 200 bidang, karena di Halut ada daerah transmigrasi yang belum i sertifikatkan, oleh karena itu bagi penerima sertifikat di harap dapat manfaatkan sebaiknya dan dia akhir sambutannya Kepala Kantor Pertanahan mengucapkan ” SELAMAT NATAL 25 DESEMBER 2018 DAN SELAMAT TAHUN 1 JANUARI 2019, ” Ucap Arman Anwar

Bupati Halut Frans Manery memberikan Aprisiasi kepada kepala kantor pertanahan yang mana telah ikut serta mendukung program pemerintah sehingga masyarakat halut juga mendapat pelayanan yang baik dengan mendapatkan sertifikat tanah melalui program PTSL,” ungkap bupati.

Bupati berharap bagi penerima sertifikat agar tetap di jaga karena itu sangat berharga dan berguna, dan juga jangan di salah manfaatkannya dengan sertifikat tersebut, dan ucapan terima kasih kepada Pertanahan kabupaten halut yang sudah membantu masyarakat halmahera utara, diakhir sambutan juga Bupati menyampaikan ” Selamat Natal dan tahun baru, ” tuturnya..#Jef

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!