- SWARA MOROTAI, SWARA TERKINI

Danlanal Morotai Pimpin Upacara HUT TNI Ke-73, Penuh Khidmat

Swaramalut.com, Morotai

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke – 73 tahun 2018 di Kab. Pulau Morotai berjalan khidmat, aman dan lancar. Upacara dilaksanakan pada Jum’at (05/10/2018) pukul 08.00 Wit, di Lapangan Pangakalan TNI AU Leo Wattimena, bertindak sebagai Inspekturn Upacara Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M. Tr. Hanla.

Pasukan upacara terdiri dari Pleton gabungan Perwira Pertama TNI/Polri, Pleton TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan Satpol PP Kabupaten Pulau Morotai, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Lettu Laut (P) Ismail T. Rahaguna.

Hadir dalam kegiatan Upacara HUT TNI Ke-73 di antaranya Wakil Bupati Pulau Morotai Asrun Padoma, Wakil ketua DPRD Pulau Morotai Richard Samatara, Kadispers Lanud Leo Wattimena Letkol Adm Abraham Kubais, Danramil 1508-05/Daruba Mayor Inf Mulhaman, Pasintel Lanal Morotai Kapten Laut (T) Dwi Agung S, Kapolres Morotai AKBP Mikael Sitanggang, Kajari Morotai Supardi SH, Para perwira Staf TNI, Polri dan SKPD Kabupaten Pulau Morotai, Ibu Persit, Jalasenastri, Pia dan Bhayangkari kabupaten Pulau Morotai.

Danlanal Morotai dalam membacakan amanat panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada HUT TNI Ke-73 Tahun 2018 ini, dengan tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”. Inspektur Upacara menyampaikan bahwa pada kesempatan kali ini marilah kita panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita di Lombok, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala.

“TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu-membahu untuk sedikit meringankan beban yang diderita oleh saudara-saudara kita, TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap,”Ucapnya.

Menurutnya, Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

“TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai, harus membantu Pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah, seperti kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat Papua, letusan gunung agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, gempa bumi Lombok dan saat ini gempa bumi di Palu,”Tuturnya.

Tugas lain TNI yang tidak kalah pentingnya adalah membantu Pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional dan internasional.

“Dalam waktu dekat ini Indonesia akan melaksanakan pemilu tahun 2019, selain perang TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu, TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019, salah satu kuncinya adalah tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI,”jelas orang nomor satu di lanal morotai ini.

Adapun penekanan amanat dari Panglima TNI antara lain,
Pertama, perkokoh iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti.
Keempat, mantapkan netralitas TNI baik individu maupun satuan dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019.
Kelima, jalanilah tugas secara ikhalsi..#amt

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!