- SWARA HALBAR, SWARA TERKINI

Diduga “Korupsi” ,Warga Gelar Aksi Desak Pemda Turunkan Kades Togoreba Sungi

Swaramalut.com, Halbar

Atas dugaan penyalahgunaan kewenangan, Sejumlah masyarakat Desa togoreba sungi kecamatan tabaru kabupaten Halmahera barat(Halbar),kamis(15/11/2018)siang tadi,menggelar aksi desak Pemda copot Setiyanto Tangono dari jabatan kepala desa.

Penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Setiyanto Tangono yakni,Ketidak adanya transparansi pengunaan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) dan diduga menilep anggaran Desa untuk kepentingan pribadi.

Aksi tersebut berlangsung didepan kantor Bupati Halbar,dan dikoordinir oleh jembris Mou.

Masa aksi yang datang membawa spanduk bertulisan Turunkan Setiyanto Tangono Dari jabatan Kades Togoreba Sungi,tulisan dugaan tindakan “Korupsi” yang di lakukan tersebut,serta membawa bukti dugaan pelanggaran yang dilakukan Kades untuk diserahkan kepada Inspektorat Halbar.

Jembris dalam orasinya menyatakan,ada berbagai dugaan pelanggaran atau kesalahan yang dilakukan oleh Kades Togoreba Sungi selama menjabat sebagai Kades, yakni tidak ada transparansi dalam pengelolaan keuangan desa, ketidak jelasan dalam pemanfaatan anggaran operasional Desa, dan selama menjabat utang desa makin meningkat.

Bahkan kinerja dan program Kades makin hari makin tidak jelas, sejak 5 bulan terakhir sudah tidak pernah berkantor,”Kami juga mempertanyakan moralitas dari Kades yang diduga telah melakukan pelanggaran asusila,”ucapnya.

“Kami juga menduga dana Desa yang ditilep Kades digunakan untuk membeli mobil pick up pribadinya,” beber Jembris.

Lanjutnya, Untuk itu melalui kesempatan ini kami masa aksi mendesak kepada pihak Pemkab Halbar agar secepatnya menurunkan Setiyanto Tangono dari Kades, Sita mobil miliknya yang diduga pembeliannya mengunakan uang rakyat,serta mendesak kepada Kades untuk mengembalikan uang rakyat yang dikorupsi.

Disela-sela Aksi pihak inspektorat melalui Irban Wilayah II Inspektorat Halbar Husni Mubarak menemui para aksi dan menerima semua bukti yang diserahkan massa aksi itu.

“Jadi semua aspirasi dan tuntutan serta bukti dugaan pelanggaran Kades dari kalian (warga.red) kami akan terima, tetapi sementara ini Inspektur lagi berada diluar daerah, setelah beliau kembali baru disampaikan untuk ditentukan langkah selanjutnya,” kata Husni.

Setelah itu masa aksi digiring ke ruang rapat Inspektorat Halbar guna melakukan penyerahan barang bukti dugaan pelanggaran tersebut.#iin

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!