- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Dinkes Kota Ternate Laksanakan Imunisasi Terhadap Campak Dan Rubela

Swaramalut.com, Ternate

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate, telah melaksanakan Imunisasi Massal serta mengkampanyekan Campak dan Rubella yang bertempat di depan Taman Nukila, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah. Sabtu 15 September 2018.

Kegiatan tersebut ini di buka langsung oleh Asisten Setda Kota Ternate, Bahtiar Teng, serta turut hadir Ketua MUI Kota Ternate, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathia Suma dan bersama ratusan anak-anak serta didampingi orang tuanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathia Suma, kepada awak media mengatakan, kegiatan yang digelar pada hari ini telah bekerja sama dengan Dikbud. Kegiatan Imunisasi massal Campak dan Rubella yang dilaksanakan dan dipusatkan di depan Taman Nukila adalah merupakan sala satu langka strategi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, yang kemudian berkoordinasi langsung dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate.

“Dalam Imunisasi ini akan dilihat  perkembangan evaluasi fase pertama. Imunisasi Campak dan Rubella (MR) untuk di sekolah dan Posyandu sendiri cakupan masih cukup rendah, maka dari itu bulan ini akan dilakukan MR, sebab bila dilihat presentasi berada  dikisaran 40 persen,”ucap Fathia.

Meski demikian, pihaknya tetap optimis untuk mendapatkan target yang harus dicapai dari MR yakni sebanyak 95 persen. “Maka pada hari ini, kami telah melaksanakan kegiatan ditempat  yang suda dipilih, yang kini berada di pusat kota, supaya mudah dijangkau oleh masyarakat,”kata Kadinkes.

Dirinya menambahkan, bila dalam pelaksanaan kegiatan hari ini terdata cukup banyak, maka akan diperluas cakupannya disetiap Kecamatan.

“Selian itu, bila cakupan batas waktu MR mencapai 95 persen, tentu akan dilakukan kegiatan berlapis dengan menggandeng pihak-pihak yang terlibat baik yang ada di sekolah, maupun dengan pihak Posyandu dan tempat  yang dipilih, bahkan kita akan lakukan secara door to door,  dengan melibatkan Tim Pengerak PKK, sehingga bisa menarik perhatian masyarakat khususnya para Ibu-ibu untuk melakukan Imunisasi kepada anak-anak mereka,”tutupnya..#Uty

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!