- SWARA HALTENG/HALTIM, SWARA TERKINI

Dua Menteri Hadiri Pemancagan Tiang IWIP Di Halteng

Swaramalut.com,Halteng

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Ruhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Kamis (30/8/2018), melakukan kunjungan kerja(kunker)ke Halmahera Tengah (Halteng)dalam rangka pemancangan tiang pertama proyek Weda Bay yang bertempat ditanjung Ulie kecamatan Weda Tengah.

Foto Suasana Peresmian PT IWIP di Halteng

Humas Pt indonesia weda bay industri park(IWIP)Ide Mengawati saat mengatakan,perusahan IWIP merupakan pantungan dari tiga investor tiongkok dengan nilai investasi 10 miliar dollar USA,yang merupakan realisasi dari perjanjian antara Eramet Group perusahan prancis dan Tingshan bersama dengan patner lokal PT Antam pada tahun 2018.

Ide Megawati juga menambahkam, IWIP akan menjadi kawasan infustri terpadu pertama didunia yang akan mengelola sumber daya mineral dari mulut tambang menjadi produk akhir berupa baterai kendaraan listrik dan besi baja selain mengfasilitasi kegiatan pemurnian logam disamping itu juga kawasan industri ini bertujuan untuk menarik kalangan investor untuk membangin fasilitas pengelolahan industri hilir diantaranya Nicel Sulfate(NiSO4), NCM/NCA,Prekusor sampai menghasilkan produk akhir berupa LI-ion baterai untuk kendaraan listrik.

Foto Kota Weda Kabupaten Halteng

Terpisah dari itu President Direktur IWIP Mr Xiang mengatakan bahwa investasi tahap pertama senilai 5 Miliar Dollar USA,atau berkisar 144 triliun akan berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi lokal seperti lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap kurang lebih 15.000 tenaga kerja lokal,pertumbuhan GDP diprovinsi dan dikawasan regional,serta meningkatkan laju perkembangan industri secara keseluruhan di wilayaj indonesia bagian timur.

Foto Ilustrasi Lokasi Tambang Nikel

“IWIP jugan akan berkomitmen untuk mengikuti kaidah prinsippembangunan yang terus berkelanjutan dengan mengedepankanperlindungan dan pembangunan sosial dikawasan industri dan sekitarnya”tutur Mr Xiang.

Turut hadir dalam acara tersebut gubernur dan wakil gubernur maluku Utara,Kapolda Malut,Pangdam Patimura,Sultan Tidore,Bupati dan Wakil Bupati Halteng,Ketua DPRD Provinsi,Ketua dan Anggota DPRD Halteng dan masyarakat disekitarnya.. #Mubarak

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!