- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Festival Ela-Ela 2018 Semarakkan Malam Lailatul Qadar Di Kota Ternate

Swaramalut.com,Ternate

Festival Ela-Ela yang merupakan Program tetap Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate telah diseleggarakan Senin(11/6/2018) untuk menyemarakkan Malam Laiatul Qadar dikota ternate.

Pelaksanaan Festival Ela-Ela tersebut diawali dengan buka puasa bersama Sultan ternate, Ir Syarifudin Jabir Sjah, Toko adat diantaranya Bobato 18, Bobato Dunia, Serta Bobato Akhirat, Plt Wali Kota Ternate, Sekot, Beserta Staf ahli, SKPD kota ternate dan Kepala Bank Indonesia.

Foto Farida A. Syah, Selaku Kepala Bidang Kebudayaan Kota Ternate

Farida A. Syah, Selaku Kepala Bidang Kebudayaan Kota Ternate dan Panitia penyelenggara saat di wawancarai Swara Malut.com mengatakan sampai saat ini semua persiapan sudah dilakukan dan selesai sholat magrib akan diadakan pembakaran obor yang di lakukan oleh Plt Wali Kota Ternate, Sultan ternate, serta Sekot.

Farida Menambahkan bahwa usai sholat tarawih akan di lanjutkan penilaian festival ela-ela dibeberapa titik yang dikunjungi diantaranya..:

1. Kelurahan Tanah Raja oleh Sultan dan perangkatnya.

 2. Sulamadaha oleh Kadis Pendidikan Beserta Stafnya.

 3. Marikrubu Jln Cengkeh afo oleh Sekot serta didampingi staf ahli beserta SKPD Kota Ternate, sedangkan Kalumata, Tobenga, Gambesi akan dilakukan oleh dewan juri dan tim juri lainnya”ucapnya.

Foto Ilustrasi

Farida juga mengatakan bahwa kegiatan Festival Ela-Ela ini sudah menjadi Tradisi sejak zaman dahulu kala dan ini adalah budaya asli maluku utara Khususnya Kota Ternate dan perlu di pertahankan dan dilaksanakan setiap tahun kelestariannya. ini juga merupakan malam  27 ramadhan dan malam ini juga diyakini merupakan waktu datangnya malam Seribu bulan.

Foto Ilustrasi

Dalam pelaksanaan ela-ela ada beberapa kelurahan di Kota Ternate yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini yang merupakan utusan dari kecamatan yang ada dikota ternate.

Penilaian dalam  Festival Ela-Ela kata Farida Syah dilakukan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan akan mengacu pada tahun-tahun sebelumnya dimana di dalam  penilaian itu akan dilihat semarak, unsur api  serta kreatifitas.Pelaksanaan Festival Ela-Ela  juga yang akan memperebutkan bonus dari pemkot ternate..#red

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *