- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Gelar Konferda, Winastanto Berharap Ketua Terpilih Agar Menjalankan Organidasi IAI Lebih Baik

Swaramalut.com, Ternate

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Maluku Utara gelar Konferensi Daerah (Konferda) Seminar Nasional dan Senam Dafusibu.Kegiatan tersebut dipusatkan di Resto Royal Ternate, Sabtu (12/1/2019).

Tema yang diangkat dalam Konferda yaitu “Optimalisasi Kompetensi Apoteker dalam Pelayanan di Era Disrupsi yang Berbasis Pada Keselamatan Pasien”

Ketua Panitia Winastanto Wibowo S. Farm,Apt mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah Konferda yaitu pemilihan Ketua baru untuk organisasi profesi Apoteker se-Maluku Utara. 

“Kemarin terpilih yakni Bapak Mufti I. Saleh, dengan masa jabatan 2019-2023.  Ia memimpin organisasi profesi Apoteker ini untuk Malut. Selain itu, kita juga rangkaikan dengan kegiatan Seminar Nasional. Peserta yang hadir hari ini sekitar 250 orang Apoteker se-Maluku yang juga turut terlibat dari  Apoteker Sulawesi Utara, Makasar dan Ambon,”ujar Winastanto kepada Wartawan Swaramalut.com, siang tadi. 

Untuk total anggota Apoteker se-Maluku itu 310 orang, namun yang datang hampir 75 persen. Kemudian tujuan kedua kata ketua panetia, juga rangkaian dengan kegiatan seminar dengan tujuan mengapdet ilmu terkait formasi kesehatan yang baru. 

“Maka pada intinya, pada era-era Disrupsi saat ini Kefarmasian harus berjalan dengan baik praktek Kefarmasian sampai dengan tujuan utamanya yaitu keselamatan pasien. Kemudian poin tiga adalah melaksanakan Baksos, selanjutnya dilakukan sosialisasi Dagusibu bagian dari gerakan masyarakat cerdas untuk menggunakan obat,”kata Ketua panetia.

Dagusibu ini kata dia, Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang obat dengan benar. “Kita akan sosialisasikan pada acara baksos besok guna memberikan pemahaman untuk bagaimana cara mendapatkan obat dengan benar gunakan obat dengan benar, simpan dengan benar, dan buang obat dengan benar. Hal ini dilakukan, agar tidak menimbulkan folusi terhadap lingkungan. Jadi kita sosialisasi di Landmark Minggu besok,”ucapnya.

Dikatakan, dalam kegiatan baksos tersebut juga kerjasama dengan  berbagai pihak salah satunya Biddokkes Polda Malut, PMI, BKKBM, BPJS kesehatan, dan KPKLN. “Jadi edukasinya besok bukan hanya kesehatan,tapi berbagai macam hal penting yang akan dilaksanakan” tuturnya.

Ia katakan, kegiatan Konferda ini dilaksanakan kemarin (red Jumat) kemudian hari ini (red Sabtu) dilanjutkan seminar, sedangkan besok dilanjutkan baksos untuk umum. 

Maka sudah saatnya Apoteker Malut, sudah harus bersenerji dengan stekholder baik dengan pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Malut, dan instansi terkait, menyangkut mengembangkan Kesehatan atau membuat kualitas derajat kesehatan lebih baik lagi di Malut. 

Disentil terkait fungsi dan peran Apoteker, ia menjelaskan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 51 tahun 2009 tentang pekerjaan Kefarmasian bahwa tugas Apoteker yaitu melakukan pekerjaan Kefarmasian pembuatan termasuk  mutu sediaan Farmasi, Pengamanan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penyaluran obat, pengelolaan obat dan lain-lain. Sedangkan peran Apoteker adalah sebagai penanggung jawab di industri Farmasi pada bagian pemastian mutu, produksi, pengawasan mutu dan lain-lain.

“Hal Ini juga tidak terlepas kerja sama dengan Balai POM Provinsi, dan instansi terkait lainnya. Untuk memerangi hal tersebut,”jelas Winastanto.

Dalam kegiatan ini ia juga berterima kasih kepada pemerintah provinsi, pemerintah Kota Ternate, seluruh stekholder, sponsorsip, dan organisasi profesi yang lain, karena turut mendorong.

 “Saya berharap dengan terpilihnya ketua yang baru dapat membawa organisasi profesi Apoteker ini lebih baik lagi kedepan, agar berguna untuk Khalayak umum di Indonesia, khususnya kepada masyarakat Malut, dan  sosialisasikan terkait dengan gerakan masyarakat cerdas mengunakan obat, Gadusibu, agar kita bersama-sama memerangi obat ilegal , memerangi penyalahgunaan obat, dan memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat Malut,”harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Pengurus Pusat Apoteker Indonesia Nurulfaleang, Sekjen Novendri, Wakil Ketua Saleh Sandri, Eko Sudarmono, serta beberapa pemateri lainnya, dan para tamu undangan..#MI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!