- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Gelar Workshop, Bekraf Jadikan Ternate Ekosistem Kota Kreatif 

Swaramalut.com, Ternate

Untuk menjadikan Ternate sebagai salah satu daerah ekosistem Kota Kreatif, Badan Ekonomi Kratif (Bekraf) melaksanakan Workshop Jejaring Ekosistem Kabupaten dan Kota. Kemarin di  Hotel Muara, lantai VI. Kamis (04/4/2019).

Anggota DPR RI Komisi X Dapil Malut, Irine Yusiana Roba Putri saat dikonfirmasi mengatakan bahwa acara yang dilaksanakan ini dalam rangka untuk jadikan  Kota Ternate sebagai salah satu daerah ekosistem Kota Kreatif. 

Foto Anggota DPR RI Komisi X Dapil Malut, Irine Yusiana Roba Putri

“Kegiatan ini sudah empat kali dilaksanakan yang pertama waktu itu adalah Bisma. Saat itu kita meminta para peserta memasukan data mereka ke dalam jaringan,”ujar Irine.

Lanjut, hal ini dilakukan agar di seluruh Indonesia bisa mendapatkan contoh seperti salah satu pengusaha Furniture berkolaborasi dengan pengrajin yang ada disini, karena dari data Bekraf itu bisa melihat pengrajin mana yang bisa. 

Kemudian terakhir kemarin juga kata dia, yang dibuat yaitu terkait belajar mengenai kewirausahaan dari menata modal awal sampai pada pemasaran Online. “Nah ini yang terakhir yaitu soal Sertifikasi terhadap pekerja kreatif terutama pada emsi, musisi, sampai pada pelaksanaan acara seni,”kata Irine.

Menurut dia, acara ini perlu di lakukan sebab saat ini trennya itu sudah bukan lagi pada  tambang yang menjadi faktor utama, tetapi bagaimana sekarang menjadikan Prawisata  dan ekonomi kreatif itu The You Meaning.

“Ya karena kita tidak bisa jika sudah menaruh bahwa The You Maining-nya itu di bidang Prawisata dan di Bidang ekonomi kreatif terus kita tidak melakukan apa-apa terkait dengan hal tersebut,”ucapnya.

Kata Irine, persaingan dunia bebas hari ini yaitu persaingan industri 4.O segala sesuatu ada ukurannya seperti keahlian di bidang apa dan standar siapa?. 

Ia juga menyampaikan bahwa Persaingan dunia bebas hari ini adalah persaingan industri, dengan masyarakat ekonomi Asian karena itu masyarakat harus dibekali dengan berbagai skill dan pengetahuan.

“Harapan saya pelatihan-pelatihan semacam ini bisa menambah pengetahuan generasi muda Ternate, khususnya Malut pada umumnya terkait dengan dunia industri kreatif ini,”harap Politisi PDIP itu..#MI

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!