- SWARA TERKINI

Gempa Tektonik 6,4 SR Guncang Halmahera Barat

Swaramalut.com,Halbar

Gempabumi Tektonik  berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Halmahera Barat(Halbar),Provinsi Maluku Utara (Malut),Senin (16/04/2018) pukul 04.30 Wit,  mengakibatkan sejumlah rumah Warga mengalami kerusakan.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=6,4 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,36 LU dan 126,86 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah BaratLaut Kab. Halmahera Barat, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 53 km (Update).

Amatan media ini,Dampak gempabumi yang digambarkan oleh modelling peta tingkat guncangan (shakemap),BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Bitung pada skala II SIG-BMKG (III – IV MMI), Tondano dan Tidore pada skala II SIG-BMKG (III MMI).Hal ini sesuai dengan laporan dari masyarakat bahwa gempabumi ini dirasakan di Ternate, Halmahera Barat II SIG-BMKG (III-IV MMI) dan Bitung I-II SIG BMKG (II-III MMI). Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan  bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi diduga akibat adanya penyesaran pada Lempeng Laut Maluku. Berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar mendatar (Strike slip).

Hingga pukul 03.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Informasi sementara kerusakan rumah warga akibat gempa berada di dua desa yakni , Desa Lako Akediri Kecamatan Sahu dan Desa Saria Kecamatan Jailolo.

“Sampai saat ini data yang kami dapatkan di lapangan sebanyak 5 rumah,serta satu kantor KUA kecamatan jailolo, dan rumah yang rusak tersebut berada di desa Lako Akediri. Sementara di desa Saria masih dalam proses pendataan,” Kata Kepala BPBD Halbar, Imran Lolori.

Dikatakan Imran, Dalam kejadian ini  pihak BPBD Halbar masih sementara melakukan pemeriksaan dan pendataan,hingga saat ini belum ada korban jiwa..#iin

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!