- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Hilman Himbau Tidak Lakukan Perekaman, KTP Elektronik Akan Di Blokir

Swaramalut.com, Ternate

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ternate, Hilman Siliwane himbau sebanyak 14,400 warga masyarakat Kota Ternate, yang belum melakukan perekaman e-KTP segera lakukan perekaman. Hal ini disampaikan kepada Reporter Swaramalut.com. Jumat (11/01/2019).

“Bila dilihat dalam catatan kami dari jumlah wajib e-KTP  itu 151,22 ribu orang. Dari 151,22 ribu orang yang sudah melakukan perekaman e-KTP sebanyak 136,554 itu kurang lebih 90,84 persen. Sedangkan yang belum melakukan perekaman sebanyak 14, 400 orang, jadi dari 14,400 itu, akan di blokir kurang lebih 11 ribu. Pemblokiran itu untuk wajib KTP yang berusia 23 tahun keatas,”ujar Hilman, pagi tadi, di kantor Dinas Dukcapil.

Kemudian terkait dengan Kartu Identitas Anak (KIA) kata Hilman, untuk di Kecamatan Pulau Ternate yang sudah memiliki KIA sebanyak 54 orang, Ternate Selatan, 1160 orang, Ternate Utara 1025, Kecamatan Moti 13 orang, Batang dua 3 orang, Ternate Tengah 763 orang, sedangkan Pulau Hiri 158 orang. Dengan total 3176 ribu orang.

“Selain program e-KTP dan KIA, ada juga program Service point atau spot layanan reguler. Service point ini kita buka di 15 Kelurahan diantaranya Kelurahan Jambula, Bastiong Karance, Mangga dua, Takoma, Soa-Sio Makasar Timur, Kelurahan Sangaji, kantor Camat Pulau Hiri, Kalumata, Kalumpang, Tafure, Kelurahan Muhajirin, Makasar Barat, Maliaro, dan RSUD Chasan Boesoeiri,”kata Sekretaris.

Selain itu, ada juga program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Gisa ini adalah sebuah gerakan guna membangun ekosistem pemerintahan yang peduli dan sadar pentingnya administrasi kependudukan. 

“Program gisa ini ada empat poin yang sudah kami laksanakan semua yaitu gerakan sadar kepemilikan dokumen kependudukan, Sadar pemanfaatan data kependudukan, pemutakhiran data kependudukan, dan pelayanan administrasi kependudukan,”tutur Hilman.

“KTP kita sudah 90 persen,  Akte kelahiran kita sudah 70,60 persen, kemudian untuk akte kematian presentase layanan sudah 100 persen, jadi permohonan semuanya yang masuk sudah diselesaikan. Kemudian Akte perkawinan juga sama,”tambanya.

Hilman berharap, masyarakat Kota Ternate, yang belum memiliki KTP elektronik secepatnya melakukan perekaman, sebelum dilakukan pemblokiran. “Nah kemudian anak-anak yang belum memiliki Akte Kelahiran tolong segera dibuat,”pungkasnya.#MI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!