- SOSIAL/BUDAYA, SWARA TERKINI

Ironis Baru Pertama Dimalut Wabup Dari Irup Jadi Danru

Swaramalut.com, Halbar

Sungguh ironis sistem birokrasi pemerintahan kabupaten Halmahera barat(Halbar) sebab diduga ada upaya mengagalkan Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando sebagai Inspektur Upacara(Irup) HUT Damkar ke 100, Satpol PP ke 69 dan Linmas ke 57 tahun yang digelar Senin (18/3/2019)kemarin.

Dugaan ini menguat karena undangan yang dilayangkan tepat pada pukul 08.00 tetapi diundurkan pada pukul 09.00. Namun ternyata dilapangan menjadi lain sebab  pelaksanaannya seakan dipaksakan dilaksanakan tepat pada pukul 08.30 WIT. Dengan begitu, Wabup Halbar Ahmad Zakir Mando, Ketua DPRD Halbar Juliche D. Baura, dan sejumlah Forkopinda juga ikut terlambat.

Walaupun demikian,sesuai amatan wartawan, Sekretaris kabupaten  Halbar Syahril Abdurrajak karena datang lebih dulu maka lakukan penyesuaian menjadi Inpektur Upacara (Irup), dan Wabup dengan besar hati mengambil bagian menjadi Komandan Regu (Danru) Damkar. Untuk itu, upacara HUT berjalan lancar hingga selesai.

Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, saat dikonfirmasi, usai upacara HUT, mengakui bukan terlambat tetapi karena undangan yang saya diterima pada pukul 08.00 tetapi Kasatpol PP menghubungi kembali bahwa telah diundurkan pada pukul 09.00. Namun,setibanya diacara sebelum jam yang ditentukan ternyata acara sudah mulai.

“meski begitu, saya legowo dan lebih condong menjadi Danru Damkar. Semata-mata untuk hadir sebagai penyemangat bagi anggota Damkar, Satpol PP, dan Linmas,” aku Zakir.

Soal acara HUT, Wakil Bupati juga ikut menyesalkan, karena tidak konsisten dengan waktu pelaksanaan upacara tersebut. Walaupun begitu, dirinya tetap menerimanya.

“Tidak apa-apa, dan saya lebih memilih di barisan upacara dan memberikan dukungan di hari yang baik ini. Dan saya atas Pimpinan mewakili Pak Bupati dan masyarakat mengucapkan selamat HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas, semoga lebih giat menjalankan tugas dan pengabdian,” tuturnya.

Terpisah Kasatpol PP Halbar Gunawan MT. Ali kepada wartawan,mengakui waktu pelaksanaan yang sebelumnya pada jam 8 tetapi karena diundurkan jam 9. Tetapi pelaksanaannya dilakukan di setengah sembilan makanya Wakil Bupati terlambat. Sehingga dengan begitu, pihaknya memintah maaf.

“Saya mohon maaf atas kejadian ini, semoga kedepan tidak terjadi lagi,” pintanya.

Soal kejadian ini, apa karena atas dasar instruksi Bupati Danny Missy, Gunawan menipisnya, bahwa itu tidak benar karena kejadian ini tanpa terduga bisa terjadi seperti ini.

Pada upacara HUT tersebut, banyak dikalangan ASN dibuat bingung dengan kejadian aneh ini.

“Kami heran dan bingung kenapa bisa terjadi seperti ini,” ungkap beberapa ASN saat mengikuti upacara tersebut.

Menurut  Salah satu ASN kepada media, yang enggan namanya disebutkan, sangat menyayangkan karena gambaran birokrasi yang secara sistem dan struktur telah menunjukan kebobrokan yang  dipertontongkan ke mata Publik.

“Masa Pak Wakil dukucilkan seperti itu. Maka ini sangat tidak etis dan tidak manusiawi,”ungkapnya.#i

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!