- SWARA HALUT, SWARA TERKINI

Kapolres Halut Mengecek Persiapan KPUD Untuk Pemilu 2019 

Swaramalut.com, Halut

Menghadapi Pesta demokrasi Pemilu 2019, untuk persiapannnya bagi penyelenggara,Kapolres Halmahera Utara AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo melakukan koordinasi ke pihak penyelenggara KPU Kabupaten Halut, Jumat (18/01/2019).

Saat kedatangan Kapolres Halut di sambut langsung oleh Ketua KPU Muchlis Karie, didampingi oleh Komisoner KPUD Halut Devisi Program dan Data yakni Bagus Subardi, dan Kabag Ops Polres Halut J.Metariang, hal ini di sampaikan oleh Kasubag Humas Polres Halut Aiptu Hopmi Saribu.

Kedatangan Kapolres Halut ke kantor KPU untuk memastikan persiapan sampai sejauh mana KPU sebagai penyelenggara pemilu, sekaligus silaturahmi kaitan dengan pemilu, sehingga kami bisa melakukan pengamanan yang lebih maksimal lagi dalam pemilu.

Selain itu, Kapolres memastikan kepastiannya jumlah DPT dan DPS dalam Pemilu 2019, karena adanya tahapan Pleno DPTB yang akan di lakukan oleh KPUD Halut pada bulan Maret 2019 dan juga Logistik Pemilu yang di terima oleh pihak KPUD Halut,” terangnya.

Ketua KPUD Halut Muchlis Karie menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan silaturahmi oleh Kapolres Halut bersama Kabag Ops Polres Halut, untuk membangun komunikasi sampai sejauh mana persiapan KPUD Halut dalam menghadapi Pemilu 2019.

Kata Ketua, sampai sejauh ini pihak KPUD sementara melakukan pemantauan ke masyarakat yang akan di rekrut menjadi KPPS, karena jumlah TPS banyak, serta pertimbangkan Netralitas dan integritas sebagai penyelenggara pemilu, maka pihak KPUD benar benar teliti dalam melakukan perekrutan tersebut,” jelas Ketua.

Kemudian jumlah TPS sesuai dengan Pleno DPTHP-2 yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu telah final dan tidak ada penambahan TPS lagi walaupun KPU akan lakukan pleno DPTB sehingga TPS yang ada berjumlah 614 TPS dan di tambah 1 di Lapas Kelas II A Tobelo Desa Gorua, semua berjumlah 615 TPS.

Sehingga di saat pleno DPTHP-2 beberapa waktu lalu, KPUD telah menetapkan DPT pada Pemilu 2019 sebanyak 135.436, yang di mungkinkan dapat bertambah dengan adanya pleno DPTB di bulan Maret nanti,” terang ketua.

Selain itu, dalam menetapkan DPT Pemilu 2019, KPUD Halut juga telah mengakomodir pemilih Penyandang Disabilitas sebanyak 198 orang yeng terdiri dari : Tuna Daksa 73 orang, Tuna Netra 31 Orang, Tuna Rungu/Wicara 30 orang, Tuna Grahita 20 orang, Disabilitas lainnya sebanyak 44 orang, ” ungkapnya.

Untuk Logistik Pemilu sejauh ini KPUD telah menerima Logistik tersebut yang di kirim oleh KPU RI, hanya saja logistik twrsebut masih terdapat kekurangan pada kotak suara yang berjumlah 65 buah, serta Bilik Suara sebanyak 102 buah, dan untuk Surat Suara serta Folmulir CI belum di terima oleh KPU Kabupaten Halut karena masih menunggu dari KPU RI untuk mendistribusinya, ” tutur ketua KPUD Muchlis Karie.   

Selanjutnya Kapolres di dampingi ketua KPUD Halut lakukan pengecekan logistik serta kotak suara yang akan di gunakan, sementara terkait ketahanan kotak suara terhadap air serta lokasi yang akan di lakukan pelipatan surat suara, tujuannya anggota Polri dapat mengawasinya.

Namun tetapi penjelasan ketua KPUD Halut menjelaskan kepada Kapalres Halut bahwa ada 2 kecamatan yang harus melalui lautan yakni Loloda Utara dan Loloda Kepulauan, sehingga sudah di antisipasinya maka kotak tersebut akan di bungkus dengan plastik, tapi untuk lokasi pelipatan surat suara, KPUD mengingat gudang KPUD telah penuh maka akan menyurat Kapolres Halut untuk meminjam ruangan aula Polres guna melipat surat suara dengan pertimbangan keamanan terjamin di Polres.

Kemudian kata Ketua KPUD di bulan Februari KPUD Halut akan mengundang Bawaslu Halut dan Polres untuk rapat bersama membahas kesiapan Pemilu 2019 sehingga bisa di matangkan bersama demi terciptanya Pemilu yang berkualitas, ” tutur ketua..#Jef

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!