- EKONOMI/PEMBANGUNAN, POLITIK/BIROKRASI, SWARA TERKINI

Kemenperin RI Dukung Industri Galangan Kapal Di Halbar

Swaramalut.com,Halbar

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin-RI) mendorong dan mendukung penuh industri galangan  kapal (Doking) dalam negeri terutama rencana pembangunan di Kecamatan Jailolo Selatan kabupaten Halbar,yang dilakukan oleh PT Trimega Artha Mas.

Hal ini dilakukan dalam menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Wododo (Jokowi) mengenai pengadaan galangan kapal dalam negeri yang disampaikan pada saat kunjungan Presiden ke salah satu pelaku usaha galangan kapal beberapa waktu kemarin.

foto Ilustrasi

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) melalui  Bupati Halbar , Danny Missy melakukan koordinasi dengan pihak Investor  dan sekarang ini telah mendapat lampu hijau dari PT Trimega Artha Mas ,salah satu investor yang siap membangun galangan kapal di Jailolo selatan (Jalsel) Halbar.

Dalam waktu dekat, Bupati Danny dengan PT Trimega Artha Mas, akan menandatangani MoU untuk merealisasikan industri padat modal tersebut.

Kabid Perindustrian, Disperindakop Halbar, Sahmi Salim

Kabid Perindustrian, Disperindakop Halmaheta Barat, Sahmi Salim, Kepada media ini Selasa (18/7/2017) mengatakan, bahwa kepastian rencana pembangunan galangan kapal ini dilakukan  setelah Bupati Danny di dampingi Kadis Perindag Halbar Martinus Djawa, bertemu dengan pihak perusahaan padaJumat (14/7/2017) kemarin di Jakarta.

“Dana pembangunan galangan kapal  murni dari investor.ungkap Sahmi.Rencana selain itu juga pembagunan tersebut telah mendapat dukungan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin-RI).

lanjut mantan Kabag Humas Setda Halbar ini,Jika rencana ini berjalan dengan baik, maka, pundi-pundi PAD akan bertambah untuk menunjang akselarasi pembangunan di Halbar.

Foto Ilustrasi

Langkah Bupati Danny ini dalam  menghadirkan perusahaan galangan kapal di Halbar adalah untuk menjawab semua kebutuhan akan galangan kapal dan industri kemaritiman yang memadai di Maluku Utara, karena sampai saat ini Maluku Utara belum memiliki lokasi  docking atau galangan kapal bagi kapal-kapal yang berkapasitas besar.

Selain itu juga menurut, Sahmi,  Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin-RI) akan membantu dan  mempermudah urusan perizinan bagi investor yang menginves modalnya untuk pembangunan galangan kapal di Halbar.

Selain Kemenperin, rencana pembangunan galangan kapal ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Disperindag. Pemprov Jatim,dan akan ada ruang bagi  pemuda pelajar Halbar untuk belajar atau magang tentang pekerjaan teknis galangan kapal di Provinsi yang terkenal dengan industri perkapalan ini”tutup sahmi..#Iin

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!