- SWARA HALUT, SWARA TERKINI

Ketua Bawaslu Provinsi Pertanyakan KPU Halut Terkait Iklan Kampanye Dimedia 

Swaramalut.com,Halut

Iklan Kampanye di media yang belum di jadwalkan oleh pihak KPU Kabupaten Halut, kini di pertanyakan Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, pasalnya sampai saat ini belum ada pemasangan iklan kampanye di media cetak, online dan media Eloktronik lainnya.

Di sela-sela Rapat koordinasi teknis, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Miksin Amrin kepada sejumlah awak media, mempertanyakan iklan kampanye di media oleh KPU Halut sudah jadwal sesuai dengan aturan,” tanya ketua.

Pemasangan iklan kampanye kata dia, ini sesuai dengan PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye yang di atur ada dua mekanisme kampanye yang di fasilitas oleh KPU yaitu kampanye terbuka dan kampanye iklan melalui media,” terangnya.

Untuk iklan Kampanye melalui media terhitung 21 hari sejak tahapan kampanye pada 24 Maret sampai 13 April 2019, maka seharusnya saat ini KPU sudah harua siapkan SK penayangan iklan kampanye secara berkeadilan untuk semua media, baik media Cetak, Inline dan Media Elektronik,” katanya.

Jika sampai saat ini belum juga ada persiapan, perlu di pertanyakan  apa konteks problemnya dan apa konteks persoalan, karena ini perintah undang undang,” ucapnya. 

Lanjut dia, untuk iklan kampanye di media, KPU wajib memfasilitasi hanya untuk partai politik, sementara untuk caleg sendiri untuk fasilitas pemasangan iklan kampanye di media.

Bagi pihak KPU Provinsi saat ini telah siapkan untuk tayangan iklan di media, mapka seharunya Kabupaten/ kota syda harus buat penetapan SK untuk beberapa media dan berapa lamanya penayangan, dan iklan kampanye ini hatus semua media agar merata, maka KPU harus melihat asas keadilan dan bukan hanya satu media yang di pakai, dan ini sudah ada anggarannya yang di atur sesuai dengan mekanisme aturan, ” tuturnya..#Jef

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!