- SWARA HALTENG/HALTIM, SWARA TERKINI

KPU Haltim Kembali Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Bersama PPK, PPS dan KPPS

Swaramalut.com, Haltim

Setelah melakukan  Simulasi di Dua Kecamatan, Kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Haltim Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali menggelar simulasi pemungutan danpenghitungan serta rekapitulasi suara.

Simulasi ini merupakan yang terakhir dalam mengsingkronisasikan setiap penyelenggara dalam pemilu 2019 ini. Yang di hadiri Pimpinan dan anggota KPU di antarnya ketua KPU. Asbur Sumadayo, Devisi Hukum. Ade Kamaludin, Divisi Teknis. Rustam Adam, Devisi Sosialisasi dan SDM .Mudafir Taher serta Ketua dan anggota PPK, PPS dan KPPS. Bertempat di. Gelora Macalele  Cemara Jaya Jln. Lintas Halmahera Kec. Wasile kab Haltim,sabtu (13/04/2019).

Simulasi di buka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Haltim. Asbur Sumadayo. Dalam sambutannya, Asbur menyampaikan kepada PPK dan PPS dan KPPS untuk lebih serius mengikuti acara demi acara karena banyak hal penting dan regulasi baru dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 yang akan disampaikan dalam simulasi ini. 

Pemilu Tahun 2019 sangat berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Pasalnya, pada tahun ini pemilu dilakukan secara serentak dengan 5 surat suara diantarnya: Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabuaten/kota.

Menurutnya, tahapan pemungutan suara yang merupakan tahapan puncak pemilu akan menuntut kesanggupan kecermatan dan ketelitian PPK, PPS dan KPPS dalam melaksanakan semua proses di TPS.

Pemungutan dan penghitungan suara di TPS akan berjalan lancar dengan Simulasi yang di lakukan ini, tuturnya.

Devisi Teknis KPU. Rustam Adam ,mengatakan  Simulasi ini dianggap penting untuk mensukseskan Pemilu berjalan adil dan demokrasi. Dalam kegiatan ini juga dilakukan simulasi pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara. Simulasi tersebut dilaksanakan untuk memantapkan tatacara tugas dan wewenang, PPK, PPS Dan KPPS.

Guna memaksimalkan pemahaman mengenai pengisian folmolir C1, peserta simulasi diminta untuk mengerjakan soal pengisian formulir di TPS, sekaligus simulasi pengisian folmolir C1,Kata Rusta Adam..#Zul

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!