- SWARA MOROTAI, SWARA TERKINI

Lanal Morotai Siap Amankan Pemilu Legislatif Dan Presiden 2019

Swaramalut.Com, Morotai

TNI Angkatan  Laut (AL) laksanakan lanjutan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 ini. Latihan ini dilaksanakan di Mako Lanal di ikuti seluruh prajurit Lanal Morotai pada tanggal 7 Februari 2019.

“Latihan tersebut merupakan puncak dari latihan yang dilaksanakan oleh seluruh Jajaran Koarmada lll yaitu seluruh Lantamal, Lanal dan Yonmarhanlan XIV. Pelaksanaan kegiatan latihan tersebut pembukaannya pada tanggal 28 Januari 2019 oleh Pangkoarmada III Laksda TNI I N. G. Ariawan, S.E., M.M. di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Koarmada III Kota Sorong, Prov. Papua Barat,” Kata Danlanal Motorai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E,  M.Tr.Hanla, Jum’at (08/02/2019)

Menurutnya, Lanal Morotai merupakan salah satu Pangkalan TNI AL dibawah  jajaran Koarmada III yang ikut melaksanakan latihan tersebut.  Latihan ini merupakan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu 2019 yang pada hakekatnya merupakan bentuk latihan operasi dukungan kepada Pemerintah Daerah serta Polri dengan memproyeksikan kekuatan serta Pangkalan TNI AL.

 “Latihan Pratugas ini juga merupakan wujud dari tanggung jawab dan pengabdian kita dalam menjaga keutuhan NKRI, sekaligus sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas kemampuan dan profesionalisme prajurit Lanal Morotai dalam menjalin kerjasama,” Ujarnya.

Lanjut dia, Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu tahun 2019 meliputi berbagai materi, diantaranya K3I (Komando, Kendali, Komunikasi, dan Informasi) aplikasi jika pengamanan pemilu, komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah pengetahuan umum tahapan penyelenggaraan pemilu, teknik prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas.

“Kegiatan tersebut juga tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari Polres Morotai sebagai pemateri Tri Patra oleh Ipda Pol Abdul Haris Alwan, Ketua KPUD Pulau Morotai Ibu Saima Nuang, S.Sos sebagai pemateri Tahapan Pemilu dan Bawaslu Pulau Morotai kemudian materi dan demo lapangan berupa pembentukan pasukan PHH dipimpin oleh Lettu Laut (PM) Achmad Haikal beserta seluruh Perwira Staff Lanal Morotai. Untuk mendukung latihan tersebut Lanal Morotai juga melibatkan beberapa orang warga Desa Juanga yang dijadikan massa pengunjuk rasa pada simulasi demo agresif dan agresif segera..#amt (Juny)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!