- SWARA HALBAR, SWARA TERKINI

Launcing Festival Teluk Jailolo 2019 Tampilkan Lagu Suku Alifuru  Tobelo

Swaramalut.com, Ternate

Budaya bahasa suku Alifiru Kabupaten Halmahera Utara (Halut), di tampilkan saat lounching Festival Teluk Jailolo (FTJ) di Landmark kota Ternate, Sabtu, 6 April 2019 malam. Lantunan lagu berbahasa Tobelo itu bahkan mengundang pejabat daerah dan para tamu menari meramaikan acara tersebut.

Lagu berbahasa suku Alifuru itu bahkan disikapi Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, pada sejumlah wartawan saat konfresi pers usai lounching tersebut.

Gubernur Abdul Gani, mengaku lagu berbahasa suku Alifuru tersebut tidak bisa dipahami arti oleh tamu dan masyarakat Halbar, bahkan Bupati Halbar Danny Missy sekalipun. Terkecuali mereka yang berasal dari suku tersebut.

“Lagu itu berasal dari bahasa suku Alifuru Tobelo, jadi tamu yang datang, bahkan Bupati sekalipun tidak mengetahui artinya.”Ucapnya.

Terpisah kepala Dinas Prawisata kabupaten Halbar, Feny Kiat, saat dikonfirmasi terkait lagu daerah lain yang dipromosikan Halbar pada louncing FTJ di lokasi landmark kota Ternate, memilih tidak menjawab pertanyaan wartawan.

Dia menilai sejumlah permasalahan terkait pemberitaan tidak menjadi kewenangan pihaknya untuk menjawab karena suda dilimpahkan urusan media kepada Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan kehumasan (Diskominfo).

“nanti tanya langsung di dinas terkait karena menjadi kewenangan mereka atas masalah pemberitaan.”pinta Feny.

Sebelumnya oleh Feny saat musrembang tingkat kecamatan Jailolo mengaku, Halbar memiliki potensi wisata budaya yang akan dikembangkan dibanding wisata alam. Pasalnya pringkat nilai jual wisata yang paling tertinggi adalah wisata budaya dan disusul wisata alam dan lainnya.

“Kita tidak bisa bersaing jual wisata Alam. Karena, akan kala dengan keindahan alam pulau mortai. Maka itu wisata budaya milil Halbar akan dikembangkan karena Halbar memiliki empat suku yang berbeda.”tuturnya.

Sementara Sekretaris Diskominfo Halbar, Sahmi Salim, saat dikonfirmasi mengaku bakal disusul alasan terkait pertanyaan wartawan setelah pihaknya akan menyusun press rilise.

“Nanti saya rilise baru kase alasannya.”tutur dia.#YM

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!