- SWARA HALBAR, SWARA TERKINI

Pelantikan BPD Desa Naga Kecamatan Ibu DiHalbar Tidak Jelas

Swaramalut.com, Halbar

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Naga Kecamatan ibu kabupaten Halmahera Barat Hingga kini mengalami kekosongan perangkat,dan ini menjadi polemik masyarakat desa tersebut.selasa(9/10/2018).

Hal ini terkuak saat adanya pengakuan dari salah satu tokoh masyarakat Desa Naga yang enggan namanya disebutkan.

Padahal pemilihan Anggota BPD Desa Naga yang baru,sudah dilaksanakan.

Menurut tokoh masyarakat ini,pemilihan Anggota BPD Desa Naga Sudah dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 lalu,namun hingga kini belum ada pelantikan.

“sementara proses pemerintahan desa harusnya tetap berjalan,tetapi tidak ada pelantikan hingga saat ini,”katanya.

Lanjut Dia,Masa jabatan BPD lama sudah selesai dan Sudah dilaksanakan pemilihan baru,tetapi  kenapa tidak dilantik juga,disini saya bertanya,kenapa Dinas DPMPD tidak bisa mengevaluasi dan menyelesaikan polemik ini.

“pemerintah kecamatan pun demikian,tidak ada langkah tegas terhadap polemik ini,kami masyarakat menjadi bingung,kenapa BPD didiamkan kosong seperti itu,sedangkan pemerintahan desa harus jalan sesuai dengan alur yang semestinya,”tandas tokoh masyarakat ini.

Sementara kabid pemdes DPMPD Halbar Nurhayati Halek saat dikonfirmasi media ini menuturkan,terkait permasalahan BPD naga sesuai laporan terakhir dari camat ibu,kami sudah bahas waktu rapat belum lama ini,dan sekarang tinggal menunggu surat rekomendasinya,ditandatangani Asissten setda Halbar selaku ketua tim penyelesaian kasus,kemudian rekomendasi tersebut diberikan ke camat agar memfasilitasi proses pemilihan ulang.

“Kemarin sesuai laporan camat,pemilihan yang telah digelar itu berita acaranya tidak ditandatangani panitia,sebab waktu itu proses pemilihan di hendel oleh kecamatan, akhirnya panitia tidak mau tandatangani berita acara tersebut,terus panitia juga tidak menyampaikan hasil ke kepala desa,maka kepala desa juga tidak masukkan ke camat makanya tidak bisa digelar pelantikan.

“Jadi setelah dikaji semuanya dengan kapala bagian hukum pemkab Halbar Denny Kasim,maka pihak kecamatan dianggap tidak memiliki legalstending untuk melaksanakan pemilihan tersebut,makanya dikembalikan ke panitia,kades,dan kecamatan untuk proses pemilihan ulang,jadi sesuai surat yang akan dikeluarkan harus bulan ini selesai,”katanya.#iin

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!