- SWARA MOROTAI, SWARA TERKINI

Pemda Morotai Capai 91,31 Persen, Perekaman E-KTP Tertinggi Di Malut

Swaramalut.com, Morotai

Perekaman E-KTP di kabupaten Pulau Morotai dapat apresiasi dari Dirjen Dukcapil Kementrian Kependudukan dan catatan sipil. Pasalnya, Apresiasi ini di berikan atas capaian perekaman e-KTP atau persentase yang di capai oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemda Pulau Morotai.

“Dari hasil rapat seluruh kepala dinas kabuapten kota se- Provinsi Maluku Utara (Malut) dengan Dirjen Dukcapil pada tanggal 15 Januari 2019, menetapkan persentase capaian perekaman e-KTP di provinsi malut adalah Pemda pulau morotai dengan nilai persentase tertinggi pertama yakni 91,31 persen ,” Hal ini di ungkapkan kepala Dukcapil Hi. Rajak Lotar melalui pesan singkatnya di WhatsApp, Senin (28/01/2019)

Dikatakan, jumlah penduduk kabupaten pulau morotai yang di catat oleh Dukcapil pada semester II tahun 2018, berjumlah 73.659 orang. Sedangkan wajib KTP berjumlah 47.770 orang. “Saat ini yang suda melakukan Perekaman e-KTP berjumlah  43.618  orang dan yang belum melakukan perekaman berjumlah 4.152 orang,”Ucapnya.

Lanjut kata dia, hasil evaluasi yang dilakukan Dukcapil beberapa waktu lalu menemukan, kesamaan data dari jumlah penduduk baik suda perekaman maupun belum melakukan perekaman. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terdapatnya data ganda atau dobel.

“Data bersih tidk sampe lagi 4 ribu karena, setelah di periksa terdapat Orang yang suda meninggal namanya masih ada, data dobel, suda ada KTP tapi nama masih ada di daftar, orang yang suda pindah penduduk tapi nama masih ada baik pinda resmi atau tidak resmi,”Tuturnya.

Lebih lanjut, persentase capaian dalam pertemuan itu menggunakan metode Data Konsilidasi Bersih (DKB) semester II tahun 2018 dengan nilai persentase 91,31 persen. Namun pada tahun ini, pihaknya akan menaikan nilai persentase hingga mencapai 100 persen dengan metode step bay step.

“Saat ini, tim suda turun ke desa-desa untuk melakukan perekaman e-KTP. Dia juga berharap, bagi warga yang belum memiliki KTP agar segera ke Dukcapil untuk melakukan perekaman,” himbau mantan Sekda ini..#amt

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!