- SWARA HALSEL, SWARA TERKINI

Pemkab Halsel Gelar Upacara HUT Guru Nasional dan PGRI ke 73 Tahun

Swaramalut.com,Halsel

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2018. Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar Upacara Bendera di Halaman Kantor Bupati Halse senin (26/11/2018).

Bupati Halsel Hi. Bahrain Kasuba bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Peringatan Hut PGRI dan Hari Guru Nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Halsel ini mengusung tema “Mewujudkan Guru Sebagai Penggerak Perubahan Menuju Indonesia Cerdas, Berkarakter  Dalam Revorusi Industri” diikuti oleh siswa-siswi SMA dan guru yang ada dalam Ibu Kota Labuha, dan para ASN. 

Turut hadir Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Wakil 1 DPRD Asnawi Lagalante, Kasat Binmas, La Ode Arfan,  Kepala Kementrian Agama Labuha Hi. Hasim Hamza, dan Pejabat esalon II,III dan IV di Lingkup Pemkab Halsel.

Dalam amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Halsel selaku Irup menyampaikan ucapan selamat kepada samua guru dan tenaga Pendidikan di Indonesia, baik yang ada didalam maupun diluar Negeri. Terimah Kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi,  komitmen dan segala Ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lanjutnya, tema hari guru nasional tahun ini yaitu “Meningkatkan Profisionalisme Guru menuju Pendidikan Abad XXI, sehingga walaupun teknologi Informasi berkembang demikian cepat dan sumber-sumber belajar begitu mudah diperoleh peran guru sebagai tenaga pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut, karena tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,  menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik.

Ditambahkannya, terdapat tiga ciri guru yang harus dimiliki oleh setiap guru.Pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian ini sebagai Pendidik.Kedua, seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan. Dan yang ketiga, seorang guru yang profesional hendaknya mampu merapat jiwa sosialnya. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam amanatnya yang dibacakan oleh Bupati Halsel juga berharap agar hari guru nasional ini dapat meningkatkan semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan berkarakter serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan global.. # Humas.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!