banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Pemkab Morotai, Gelar Festifal Ela-Ela Sepi Peminat

135
×

Pemkab Morotai, Gelar Festifal Ela-Ela Sepi Peminat

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com-Morotai

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai gelar Festival Ela-ela dan Takbir Keliling menyambut hari raya Idul Fitri 1440 H/2019 M. Berlangsung di taman kota daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Selasa (4/06/2019).

Festival Ela-ela ini di ikuti oleh siswa siswi tingkat SD/MI se-kota daruba, dengan jumlah peserta kurang lebih 200 orang.

Acara pelepasan diawali dengan pembacaan Doa oleh kepala kementrian agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Morotai, dirangkai dengan laporan ketua panitia Sahril Totona, PLT Kabag Kesra Setda Pulau Morotai.

Menurut Sahril kegiatan festival ini Tujuannya meningkatkan iman dan taqwa generasi muslim dan saling mempererat tali silaturahim serta uhua Islamia.

Sementara Danlanud Pulau Morotai Kolonel Nav. Arif Budhiyanto, dipercayakan Bupati Pulau Morotai, untuk melepaskan peserta festival mengatakan kegiatan pawai obor ini sudah menjadi tradisi di Indonesia yang setiap dirayakan menjelang lebaran.

“Semoga festival ini jangan hanya dijadikan acara seremoni tatapi harus mengambil hikmahnya sehingga terjalinnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga NKRI,” harapnya sambil melepas peserta festival Ela-ela dan takbir keliling.

Sementara ketua FJOM Kabupaten Pulau Morotai, Abdul Khalil, menyesali kinerja para pembantu Bupati sehingga menurutnya sudah tiga kali pawai obor yang diselenggarakan pemkab pulau Morotai menyambut hari raya idul Fitri selalu sepi peminat.

Lanjutnya sikon ini menunjukan kurangnya komonikasi antara pemerintah daerah, panitia dan kepala desa serta tokoh agama, sehingga informasi yang disampaikan panitia tidak terakomodir dengan baik di masyarakat untuk dilaksanakan.

Padahal kata Khalil, bila seluruh komponen ini dimaksimalkan maka kegiatan sakral ini akan lebih meriah, apalagi festival Ela-ela ini masuk dalam agenda tahunan dinas pariwisata seharusnya lebih meriah karena kegiatan ini menjadi bagian dari promosi pariwisata Morotai

Selain itu tegas Khalil, kesadaran umat terhadap kegiatan kegiatan keagamaan merosot tajam, ini juga di evaluasi parah tokoh agama dan pemerintah daerah, dalam membangun kesadaran umat, kita perlu formasi baru dalam membina umat, agar membangun kesadaran emosional fanatik terhadap agamanya sendiri dimantapkan

“Kita harus malu dan berkaca di kota Tobelo, kabupaten Halmahera Utara, penduduknya mayoritas Nasrani tetapi festival Ela-ela diminati dan dipadati ribuan orang, lah di Morotai mayoritas muslim tapi kita tidak dapat bersatu dalam segala hal, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari ini semua, agar kita berbenah,”Harapnya..#amt

 

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!