- SWARA HALBAR, SWARA TERKINI

Pengusaha Ikan Keluhkan Kondisi Costor Tuada

Swaramalut.com, Halbar

Pengusaha ikan yang mengolah ikan dicool storage (tempat pendingin) Desa tuada kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera barat(Halbar) keluhkan fasilitas pendukung yang tidak diperbaiki dan diaktifkan dinas perikanan Halbar.

Pasalnya bangunan pendingin es balok belum diperbaiki serta primium mini dan pasar belum diaktifkan,hingga bangunan costor yang  baru dibangun pada 2018 kemarin dengan menghabiskan Anggaran senilai Rp 4 Milyar lebih,belum juga beroperasi.

Menurut pengusaha ikan, Mas Nur sapaan akrabnya kepada wartawan baru-baru ini,costor penampung es balok tersebut sudah rusak sejak tiga tahun kemarin,namun tidak diperbaiki,kata pihak pemerintah yang rusak itu mesinnya,”dan kami agak kesulitan karena  turun ke laut selama 24 Jam seharusnya bawa es Balok,tetapi yang ada saat ini es biasa yang kualitasnya cepat cair,”ungkap nur.

Lanjut nur,selain costor es balok,kami disini tidak miliki stok genset untuk kostor , makanya Kadang kadang lampu mati sampai 5 Jam, kami takut ikan kami rusak, kalau rusak 20 kiloan tidak masalah tapi kalau lima Ton,gimana jadinya, maka itu harus ada stok kesediaan genset,kondisi seperti ini infestor khawatir untuk masuk,karena fasilitas dari pemerintah tidak mendukung nantinya ikan rusak kami yang rugi,”terangnya.

Nur juga mengakui,cool storage yang baru dibangun memang belum difungsikan sampai saat ini,”iya itu Bangunan memang belum berfungsi dari selesai peresmian sampai sekarang,”singkatnya.

Sementara kepala Dinas Perikanan Halbar Agus Mahole kepada wartawan mengakui,Iya cool storage yang baru sampai sekarang belum ada penyerahan pekerjaan dari pusat,Kemudian pengoperasian es flake sampai Sekarang sudah dikelolah koperasi dan masih jalan,sementara SPBN masih menunggu perizinan,sementara Pasarnya sudah pernah sosialisasi ke pelaku pasar tapi dengan berbagai alasan sampai sekarang belum dapat dilaksanakan.

“Terakhir sesuai undang-undang no 23 tahun 2014 kami sudah menyerahkan pengelolaan TPI k provinsi,”pungkasnya.#cain

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!