- SWARA HALBAR, SWARA TERKINI

Penyelesaian Sengketa Tapal Batas Halbar Halut Digantung

Swaramalut.com,Halbar

Proses penyelesaian batas wilayah Kabupaten Halmahera barat(Halbar)-halmahera utara(Halut) khusus segmen 6 desa hingga kini tak kunjung tuntas,pasalnya permasalahan tersebut didiamkan Kemendagri RI.

Menurut Djufri Muhammad Ketua Komisi satu(1) DPRD Halbar,minggu(3/3/19)kemarin,sampai saat ini belum ada bocoran terkait hasil kajian dan putusan pihak Pemerintah pusat(kemendagri RI).

Lanjutnya,Padahal soal ini Komisi I DPRD Halbar sudah berulang kali berkonsultasi mempresur ke pihak Kemendagri namun belum ada informasi yang pasti kapan diputuskan.

Jufri menambahkan,terkait dengan pernyataan salah satu pejabat pemprov beberapa hari lalu terkait skema penyelesaian yang di bahas oleh pihak direktorat toponomi dan batas wilayah Kementerian dalam negeri bahwa bagian dari opsinya adalah sebaran KTP yang akan berdampak persoalan baru di kemudian hari,maka dengan begitu Komisi I justru mendukung langkah dan pernyataan pihak Kesultanan Jailolo yang meminta Pihak Pempus menyelesaikan batas wilayah Halbar-halut ini dengan pendekatan Historis sejarah saja.

Sebab kekhwatiran kami saat ini adalah sudah dekatnya waktu pelaksanaan Pemilu,jangan sampai masyarakat enam desa tidak bisa menyalurkan hak pilihnya, perlu diketahui hasil diskusi kami Komisi I  dengan pihak KPUD Kabupaten, provinsi maupun KPU RI sampai sejauh ini belum ada solusi untuk mengakomodir sikap masyarakat 6 desa yang tetap ngotot menyalurkan hak politik nya ke Halbar.

Dengan demikian,kalau ini tidak di carikan solusi maka pasti berdampak pada masalah baru pasca Pemilu nanti, bisa saja terjadi lagi gugatan hukum seperti saat usai Pilgub lalu.”makanya kami berharap pemerintah pusat agar mempertimbangkan saran yang dilihat dari historis sejarah  kesultanan yang merupakan salah satu metode terbaik,”tandas politisi nasdem ini.#cain

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!