- SWARA KEPSUL/TALIABU, SWARA TERKINI

Peringati HPN 2019, IWS Gelar Seminar Tingkat SLTP Dan SMU Se-Kecamatan Sanana

Swaramalut.com,Kepsul

Sebagai rangkaian kegiatan dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 dikota sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Ikatan Wartawan Sula(IWS) menyelenggarakan kegiatan seminar yang bertemakan”Bersama Pers Membangun Generasi Masa Depan”.

Kegiatan tersebut melibatkan, Siswa Siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, SLTP/MTs, Sekolah Menegah Atas SMA, SMK, MAN/MAS. Sekecamatan Kota Sanana, Serta Organisasi Kepemudaan OKP, Sekabupaten Kepulauan Sula (kepsul). Propinsi Maluku Utara (Malut). Senin. (11/02/19) yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Sanana Desa Fatce.

Seminar ini merupakan Problema Dalam tinggkat anak sekolah, atau para remaja, yang saat ini sering terjadi, seperti penyalagunaan narkobo, Pergaulan bebas dan Kesadaran Kebangsaan.

Turut hadir dalam kegitan tersebut, Kapolres Kepulauan Sula yang diwakilkan oleh Ipda Ruslan Lutia,  Dandim Kodim 1510/ Sanana Terwakilan Letda  Kasdam Amk, kadis Kesehatan, Dokter Ilmi Husaen. Asesten II Adam A. Umasugi. Mewakili DPR Indaham Umamit selaku Sekretaris Komisi II, Dan dihadiri sebagin SKPD Lingkup Pemda Kab Kep sula.

Adam A. Usugi Dalam sambutan Mewakili Bupati Kep Sula mengatakan bahwa Sekitar lima Tahun Balakang dengan berbagai analisa bahwa media menstrent atau media masa akan  dikenal sebagai pilar dan sebagai penguna digital saya percaya bahwa dengan lompatan-lompatan kemajuan teknologi dimana yang didapat makin beragam Dalam berbagai sumber tentunya digital media dalam tanda kutip teman-teman Pers, akan berubah sesuai perubahan jaman. “ucap Adam.

Adam juga menyampaikan bahwa sekarang ini pers semakin diperlukan sebagai penyampaian fakta-fakta serta aspirasi yang ada juga turut membangun narasi-narasi Kebudayaan kemudian membangun peradaban yang baru, juga sebagai potret masyarakat dan menghasilkan analisa data yang dapat di ketahui.

Adam juga memperbandingkan bahwa dimasa lampau(dulu) biayasanya informasi masih kita lakukan dengan kertas namun dengan era sekarang langsung Dalam Pesan Atau SMS atau bisa video call sehingga inilah Kelebihan di Jaman yang kita hadapai saat ini. 

Terpisah dari itu Ketua IWS Sahbudin Yunus, dalam Sambutannya Mengatakan kegiatan Ini sebenarnya Sudah di buat. Sabtu 09/02/19 kemarin Namun hari ini baru di laksnakan Karena Ada Hal-hal yang Kita bulum siapkan.

“Kita sebagai Pers Bagaimana pun harus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Seluruh elemen Stekholder yang ada di daerah kita, untuk kemajuan Daerah ini khusuanya Kep Sula, Namun pers harus berpegang teguh pada kode etik jurnalistik dengan demikian masyarakat dapat memberikan kepercayaan penuh serta menghargai instegritas Wartawan”. “Harapnya”

Selain itu Sahbudin juga menyinggung kebebasan pers di suatu Negara tidak akan ada tanpa jaminan Dari Negara Lahirnya UUD Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers Telah mengamanatkan kebebasan mutlak UU pers no 40 sebagai pilar kemerdekaan pers yang bebas serta bertanggung jawab”. 

“Termasuk mengkritik Negara, Kontrol Sosial, Pendidikan dan hiburan bagi masyarakat meliputi mencari memperoleh, memiliki, menyimpan, mengelolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, Gambar serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunkan media cetak, elektronik dan media lainnya yang tertuang dalam pasal 1 butir 1 UU Pesrs” “Bebernya Sahbudin”. Tutup Mengakhiri..#Jm

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!