Petani Desa Aha Morotai, Mulai Panen Padi

Swaramalut.com, Morotai

Memasuki musim panen padi, masyarakat Desa Aha kecamatan Morotai selatan kabupaten Pulau Morotai pada bulan ini, para petani mulai memanen padinya.

Panen padi yang di lakukan para petani desa aha tidak sekaligus memanen. pasalnya, para petani padi di desa tersebut bercocok tanam berkisar satu hari dan bahkan ada yang satu minggu.

“Pada bulan ini, para petani desa aha suda mulai panen padi. Panen padi yang di lakukan berfariatir ada yang panen pada minggu ini ada pula yang memanen pada dua minggu ke depan,” ungkap salah satu petani sawa Desa Aha Lecamatan Morotai Deptan Ibu Murni Cepa pada saat di temui swaramalut.com, Senin (16/04/2018).

Menurutnya, padi padi yang ada di desa ini suda harus dipanen pada bulan ini. Sebab umur padi sawa berkisar 3 bulan 7 hari.

“Kita tanam padi pada bulan Januari sehingga padi yang ada di desa aha pada bulan Ini, sudah Mesti di panen. Walaupun waktu bercocok tanam usianya sangat berbeda  ada yang jarak waktunya 1 hari dan ada pula yang 2 minggu,” ucap murni.

Kata Dia, para petani padi yang ada di desa aha, pada saat panen berasnya tidak dijual di para tengkulak.

“Banyak pedang mau beli beras di sini dengan harga murah, akibat harga beras yang di beli para tengkulak dengan harga murah sehingga kami jual sendiri,” jelasnya.

Harga beras yang dijual para petani di desa aha dengan harga 12.000/kg dengan kualitas beras yang cukup bagus..#amt

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *