- SWARA HALBAR, SWARA TERKINI

Ruslan : 15 Madrasah di Halbar Terakreditasikan

Swaramalut.com, Halbar

Sebanyak 15 Madrasah baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se Kabupeten Halmahera Barat (Halbar) yang  terakreditasikan, dari total 15 sekolah yang diusulkan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupeten Halmahera Barat (Halbar).

Kasi Pendidikan Islam Kemenag Halbar H. Ruslan Ilyas, ketika dikonfirmasi reporter,  mengatakan, terkait dengan akreditasi pihaknya mengusulkan sebayak 15 dan semuanya memenuhi syarat untuk ditingkatkan akreditasinya.

” yakin, MIS Al-Hidayah Idamdehe dengan Akridasi C menjadi B, MIS Sidangoli akreditasi C menjadi B, dan MIS Nurul Bahri Akreditasi C menjadi B. Dan untuk MTs yakni, Alkhairat Sidangoli akreditasi C naik menjadi B, Alkhairat Pabos akreditasi C menjadi B, MTs. Muhammadiyah Pabos akreditasi C menjadi B dan MTs Nurur Hidayah Bobaneigo reakreditasi menjadi akreditasi C,
Alkhairat Ibu reakreditasi menjadi akreditasi C, At, Tarbiyah Bobanehena akreditasi C menjadi B, Babingkas Toniku akreditasi C menjadi B, MTS Alkhairat Pabos reakreditasi menjadi C, MTS Nurul Haq Bukubulawa reakreditasi menjadi C,” sebut Ruslan, Rabu 5 Desember 2018 tadi.

Lanjutnya, sementara untuk tingak MA, sebanyak 3 yakni MAS Al Mudzaakarah Toniku dengan reakreditasi menjadi C, MA An- Nur Susupu reakreditasi menjadi C dan MAN Insan Cendekia Halbar dengan akreditasi B menjadi A.

” Jadi terakreditasinya ke 15 Madrasah tersebut berdasarkan hasil rapat pleno Badan Akreditasi Negeri Sekolah/Madrasah Provinsi Maluku Utara (BANSM) nomor : 119/BAN-SM/ KPTS/XI/2018 tertanggal 11 November 2018 yang ditandatangani langsung oleh ketua BAN-SM Malut Dr. Mardia Hi Rahman,” ujar Ruslan.

Dia juga menambahkan, dari ke 15 Madrasah yang telah diakreditasi tersebut 5 diantaranya dianggarkan mengunakan Dana Non APBN BAN-SM atau dana APBN Kemenag, sementara 10 madrasah lainnya dibiayai menggunakan APBN BAN.

” Dengan demikian jumlah total madrasah yang sudah terakreditasi sebanyak 27 dari total 28 madrasah yakni MAS Pabos. Jadi pada tahun 2019 kami akan mengusulkan untuk diakreditasi,” terangnya.#iin

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!