- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Sepanjang 2018 Bea Cukai Ternate Sita Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Swaramalut.com, Ternate

Sepanjang tahun 2018, petugas Bea Cukai Ternate, berhasil amankan roko tanpa pita cukai atau menggunakan pita cukai palsu sebanyak 356.560 batang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Bea Cukai Jims Octavianus. Kamis (03/01/2019)

“Selain roko ilegal, kami juga menyita 17 botol Liquid Vape tanpa pita cukai. Pengungkapan ribuan rokok ilegal di beberapa kabupaten/kota di wilayah Maluku Utara ini tidak terlepas dari informasi masyarakat,”ujar Jims Oktavianus kepada Reporter Swaramalut.com, sore tadi.

Ribuan rokok ilegal yang disita dibeberapa kabupaten/kota ini, kata Jims Octavianus, berkat dari informasi masyarakat. “Jadi dari laporan tersebut, kami langsung ke lokasi, saat berada ditempat ternyata benar apa yang disampaikan oleh masyarakat. Barang ilegal ini kemudian kita amankan,”ucap Jims Oktavianus.

Dikatakan, dari sekian roko ilegal diamankan di beberapa lokasi berbeda yaitu Kabupaten Kepulauan Sula, Taliabu, Halmahera Selatan dan Pulau Makian. Sementara 17 botol Liquid Vape yang  disita berasal dari daerah Gebe, dan Kabupaten Halmahera Tengah.

“Kemudian dalam operasi tersebut, rata-rata di warung kecil dan toko. Selain itu, untuk pemusnahan barang ilegal ini, kami harus melalui laporan ke Kementrian Keuangan, bila laporan sudah kami berikan, kemudian disetujui langsung dilakukan pemusnahan. Jadi ada mekanisme,”kata Jims Octavianus.

Dengan beredarnya ribuan rokok ilegal dan Liquid Vape ini diharapkan kepada masyarakat Maluku Utara, agar lebih hati-hati dalam menikmati kedua barang tersebut, karena ini menyangkut dengan kesehatan.

“Nikmati lah rokok yang legal, yang sudah ada ketentuan dari bidang cukai secara resmi, yang sudah dilekati dengan lebel cukai, karena ini memiliki kenyamanan saat merokok,”harap Jims Octavianus.

“Kami akan terus melakukan pengawasan ketat terkait dengan rokok ilegal, karena ini menyangkut kesehatan dan kenyamanan  orang banyak,”tegas Jims.

Kata dia, bebasnya barang ilegal masuk ke Maluku Utara tersebut sebab daerah kepulauan, sehingga para pelaku usaha mengambil celah dengan melalui jalur-jalur tidak resmi. “Modus  seperti ini akan terus kami tekan dengan melakukan operasi pasar,”tegasnya lagi..#MI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!