- SWARA HALUT, SWARA TERKINI

Sharil : Pemda Akan Tangani Kondisi Perekonomian Masyarakat Desa Doitia 

Swaramalut.com Halut

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Utara Politisi Hanura Sharil Hi Rauf bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Halut, turun langsung melihat kondisi terjadinya Lukuifaksi atau pergeseran tanah dan juga terjadi longsor di Desa Doitia Kecamatan Loloda Utara, Rabu (06/02/2019). 

Sebagai Wakil Rakyat yang merasa bertanggung jawab terhadap masyarakat, dengan terjadi fenomena tersebut Sahril menyaksikan langsung kondisi lahan Kebun baik Tanaman Bulanan jangka Pendek maupun tanaman jangka panjang oleh para warga desa Doitia yang sudah ambruk dengan tanah, katanya kebun dari para warga desa Doitia sebanyak puluhan hektar sudah hancur karena fonomena tersebut,” katanya.

Puluhan hektar lahan kebun warga desa doitia yang sudah ambruk, baik tanaman jangka panjang yakni Pala, Cengke dan Kelapa dan tanaman jangka pendek seperti Padi dan tanaman lainnya itu hanya tinggal puing puingnya, ” Kata Sahril.

“Lahan kebun tersebut merupakan Perkonomian bagi warga yang dapat menghidupkan keluarga mereka, yang kami lihat itu puluhan hektar lahan tamanan mereka yang hancur, ” jelasnya.

Menurut Wakil Katua DPRD Halut Sahril, desa yang mengalami fenomena Lukuifaksi tersebut, dirinya mengetahui hanya desa Doitia saja, tapi untuk desa yang lain belum ada informasi, maka warga desa doitia sangat di butuhkan penanganan dari pihak Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Dan korban yang sudah dapat dipastikan pada rata ratanya tanaman jangka panjang yakni Kelapa, Pala dan Cengke, untuk sementara korban jiwa tidak ada, karena di saat kejadian tersebut itu pada waktu malam, bukan pada waktu siang hari sehingga tidak ada yang korban jiwa, ” ucap Sahril.

Sehingga dengan peristiwa itu Pemerintah Daerah harus memperhatikan bagi warga, karena menyangkut dengan kelangsungan hidup mereka dan juga bagi anak anak di desa Doitia, karena yang terjadi itu ada longsor ,akhirnya bagi semua warga tidak di izinkan untuk mendekat ke tempat kejadian tersebut oleh BPBD karena masih labil,” ucapnya.

Dengan kejadian tersebut menurut Wakil Ketua DPRD Halut Sahril Hi Rauf langsung datangi Bupati Halmahera Utara Frans Manery, menyampaikan kondisi yang telah terjadi di Desa Doitia Kecamatan Loloda Utara.

Dengan hal tersebut yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Halut, kondisi desa doitia,Pemerintah Halut akan mengambil langka cepat terhadap perkonomian masyarakat, karena rata ratanya kehidupan masyarakat adalah petani, sehingga kalau tdak ambil tindakan maka akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup warga terutama masalah pendidikan.

“Bupati langsung meresponnya dengan kondisi desa Doitia, dan Bupati langsung memerintahkan kepada BPBD Halut segera menangani musibah ya g dialami masyarakat Doitia, dan segera mengentarisir di desa tersebut, ” tuturnya..#Jef

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!