- POLITIK/BIROKRASI, SWARA HALUT, SWARA TERKINI

Siap Di PAW,Tiga Anggota DPRD Pindah Partai Untuk Caleg 2019

Swaramalut.com,Halut

Tiga Orang Petahanan yang masih memeiliki kursi embuk sebagai wakil rakyat diparlemen  kabupaten halut kini harus meninggalkan jabatan keanggotaan sebagai Utusan rakyat.

Pasalnya ketiga anggota tersebut di antaranya Bahardi Ngongira, Heldy Leke dan Oni Pulo, mereka bertiga saat ini mendaftar sebagai calon legislatif dengan menggunakan partai lain bukan partai awal yang terpilih sebagai anggota DPRD Halut.

Tiga anggota DPRD Halut ini Partai sebelumnya yakni Bahardi Ngongira dari gerindra kini Caleg dari Partai Berkarya, Heldy Leke partai sebelumnya Partai Hanura masuk Caleg dengan Partai Berkarya dan Oni Pulo Partai PKPI mendaftar Caleg dengan Partai Demokrat.

Seperti yang kita ketahui syarat aturan bagi anggota DPRD aktif ketika mendaftar Caleg pindah partai dan mengunakan  partai yang lain, maka dengan sendirinya yang bersangkutan harus melampirkan surat permohonan pengunduran diri dari Partai sebelumnya dengan batas waktu sebelum daftar caleg sementara di umumkan.  

Ketua Komisioner Pemilihan Umum Kabupaten Halut Muchlis Karie kepada media Swaramalut.Com menjelaskan, untuk Ketetapan ini sesuai dengan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 pasal 2 ayat 6 tentang Pencalonan Anggota DPR, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/ Kota, hal ini jelas kata aturan, bukan kata saya,” terang Ketua.

Ini juga sama dengan TNI Polri dan PNS dimana harus mengundurkan diri atau pensiun dini, oleh sebab itu bagi anggota DPRD yang aktif ketika dalam Pencalonan saat pendaftaran sangat jelas harus  diserta dengan surat permohonan pengunduran diri dari Partai sebelumnya kalau anggota tersebut berpindah partai, itu wajib hukum, ” jelasnya.

Kemudian syarat permohonan pengunduran diri dari anggota DPRD tersebut dimasukan sebelum diumukannya Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU, atau Pergantian Antar Waktu (PAW) bagi anngota tersebut selembat lambatnya sebelum satu hari penetapan Daftar Calon Tetap ( DCT), kalau tidak itu dengan sendirinya di nyatakan gugur dalam pencalalonan tersebut sebagai Calon Legislatif,” ucap Ketua..#jef

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!