- EKONOMI/PEMBANGUNAN, SWARA TERKINI

Sri Mulyani Berharap DD Bisa Turunkan Angka Kemiskinan Dan Memajukan Masyarakat

Swaramalut.com,Tikep

Dana Desa (DD) diberikan tidak hanya untuk pembangunan desa,namun juga untuk lebih mengentaskan kemiskinan serta memajukan masyarakat dari ketertinggalan.

Oleh sebab itu DD harus benar-benar digunakan sebaik-baiknya dan pembangunan yang menggunakan DD harus secara jelas programnya sebab itu merupakan nawacita dari pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati dalam arahannya dihadapan para Kepala Desa se-Kota Tidore Kepulauan dan 20 Kepala Desa dari Kabupaten Pulau Morotai, pada kegiatan Diseminasi Dana Desa yang dipusatkan di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Kamis (8/3/2018) sore tadi.

“Progran pembangunan di Desa yang dilaksanakan harus fokus agar masyarakat desa dapat menikmati pelaksanaan pembangunan, yang dilakukan melalui tiga hingga lima kegiatan, yang dilakukan melalui mekanisme swakelola, pemanfaatan bahan baku lokal, dan melalui skema padat karya tunai yang produktif” Ungkap Menteri Keuangan RI.

Lanjut Sri,Terkait komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan Pemerintah Pusat saat ini berencana akan menaikkan Alokasi Anggaran Desa tahun 2019 menjadi sekitar Rp. 75 Triliun dari Rp. 60 Triliun di tahun 2018 untuk seluruh desa di seluruh Indonesia. Untuk Desa yang memiliki angka kemiskinan tertinggi dan tertinggal akan menerima anggaran lebih banyak agar bisa membangun mengejar ketertinggalannya

“Pemerintah telah memperbaiki skema perbaikan yang memungkinkan Dana Desa tahap I dapat disalurkan pada Bulan januari sebesar 20 persen dan paling lambat, minggu keempat bulan Juni. Tahap II sebesar 40 persen paling cepat bulan maret dan paling lambat minggu keempat bulan Juni. Tahap III sebesar 40 persen paling cepat Bulan Juli. Selain itu, penyaluran Dana Desa juga didasarkan pada kinerja penyerapan dan capaian output”Jelasnya

Sementara itu Wali Kota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim dalam sambutannya dihadapan Menteri Keuangan menjelaskan bahwa pada tahun 2017, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah menerima Dana Desa sebesar () yang ditransfer dalam dua tahap dan realisasinya mencapai 100 persen dan telah ditransfer ke semua desa.

 “Untuk tahun 2018 ini Pemerinath Kota Tidore Kepulauan ini menerima  Alokasi Dana Desa sebesar Rp. 39.930.625.000,- (). Dan untuk tahap I sudah diterima sebesar Rp. 7.986.125.000,- ().”Kata Ali.

Ali menambahkan, sampai  saat ini tata kelola Dana Desa di Kota Tidore Kepulauan berjalan dengan baik, dimana dalam pengelolaaannya melakukan kerjasama dengan Rumah Pemberdayaan Indonesia. Kerjasama ini dilakukan untuk menjamin bahwa Dana Desa benar-benar digunakan untuk membiayai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan, Budiarso Teguh Widodo selaku penyelenggara Diseminasi Dana Desa menjelaskan bahwa kegiatan di Kota Tidore Kepulauan ini merupakan Diseminasi yang ke 23 dari rencana rangkaian pelaksanaan di 71 lokasi sepanjang tahun 2018.

Kegiatan diseminasi yang di laksanakan ini juga menghadirkan narasumber dari Tiga Kementeriam masing-masing Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa dan PDTT.

“Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Anggota Komisi XI DPR RI, Achmad Hatari, Plt. Gubernur Maluku Utara, H. M. Natsir Thaib, para pejabat Esselon I di Kementerian Keuangan dan Forkompimda Provinsi Maluku Utara” Tutupnya..#Acim

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!