- SWARA KEPSUL/TALIABU, SWARA TERKINI

Terkait Reklamasi Pantai Kota Sanana, Pemda Akan Persiapkan Amdal

Swaramalut.com,Kepsul

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul),sudah  mulai proses mengurus analisis dampak linglungan (Amdal) untuk persiapan kelanjutan pembangunan reklamasi pantai Kota Sanana, Propinsi Maluku Utara (Malut).

“Amdal yang kita rencanakan ini untuk reklamasi tahap dua, karena ada keianginan pemerintah sekarang melalui kajian RPRW ada zona yang dipersiapkan untuk reklamasi jangka panjang, yakni penambahan areal reklamasi di kawasan di Diesa Fatce Falahu dan desa Mangon, itu yang saat ini pemrintah daerah persiapkan, “Ungkap Nursaleh Kabid Cipta Karya Dinas PU Sula kepada awak media beberapa waktu kemarin.

Nursaleh melanjutkanbahwa  saat ini sudah ada master plan untuk pembangunan diatas reklamasi satu dari desa fogi sampe desa Falahu dan reklamasi dua dari falahu sampai desa Mangon , akan tetapi pihak pemda belum berani membangun, sebab masih menunggu amdal reklamasi dua”tuturnya.

“Kita belum berani membangun karena belum amdalnya yang belum selesai, namun untuk pembahasan daerah sudah rampung, hanya karena  berkaitan dengan  SK zonasi dan yang berhak mengeluarkan SK zonasi itu DKP Provinsi dan ini yang kita tunggu,”Jelas Nursaleh.

Nursaleh juga membantah isu yang beredar di mesia sosial terkait dengan amdal reklamasi tahap satu yang dikatakan mendahului pembangunan, padahal sesuangguhnya tidak”tegasnya.

“Rekalamasi tahap satu ini yang heboh di medsos, katanya reklamasi tidak ada amdal dengan bermacam-macam bahasa yang setauh saya dalam undang undang soal lingkungan hidup (LH) inikan turun turunnya kan banyak, jadi ada kegiatan yang harus menggunakan amdal kalau sub kawasannya diatas 50 heaktar, ada juga menggunakan dokumen evaluasi lingkungam hidup (DELH) nika kawasannya dibawah dari itu, dan reklamasi tahap pertama itu ada DELH,”bebernya..#Jm

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!