- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Terkait SSEN, BPS Kota Ternate Gelar Pelatihan Untuk Petugas Lapangan

Swaramalut.com, Ternate

Dalam rangka melakukan pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional(SSEN) kepada masyarakat di Kota Ternate, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Ternate, gelar pelatihan kepada para Petugas Lapangan terkait dengan SSEN.

Pelatihan yang dilaksanakan dari Senin tanggal 4 hingga Sabtu 9 Februari 2019 ini, dilaksanakan di Batik Hotel, Kelurahan Stadion, Ternate Tengah.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini untuk memberikan pembekalan kepada petugas sebanyak 40 orang, mereka terdiri dari 27 petugas sebagai pewawancara, sedangkan 13 orang petugas sebagai pengawas atau pemeriksa,”ujar Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kota Ternate, Bimo Nugroho kepada Reporter Swaramalut.com pagi tadi. Sabtu (09/2/2019).

Kata Bimo, pendataan tersebut berlaku di seluruh Kabupaten dan Kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena hal ini menyangkut dengan sempel.

Ia juga menyentil dari seluruh Indonesia kata Kepala seksi, beberapa hari kemarin ada 300 ribu blok  Sensus, yang kini sudah berada disekitar 3 juta penduduk sebagai sempel yang ada diseluruh Indonesia. “Kalau untuk di Kota Ternate sendiri total hanya 53 blok-sensus, berarti sudah sekitar 530 ribu Rumah Tangga (RT),”kata Kepala Seksi.

Selain itu, ia juga mengatakan,  pendataan tersebut berjalan pada bulan April hingga Maret 2019, namun di mulai dari pemuktahiran rumah tangga. Lanjut, pemuktahiran rumah tangga tersebut sebelumnya tidak semua kelurahan itu jadi sempel, alasannya karena Kelurahan tertentu dipilih-nya Kelurahan dan blok Sensus.

 “Nah jadi blok sensus itu sebelum dipilih  sempel, diwujudkan dulu baru sempelnya di pilih. Jadi blok Sensus itu batas batas wilayah didalam satu kelurahan, kemudian di dalam satu kelurahan ada beberapa blok Sensus yaitu satu blok Sensus itu dibagi sekitar  80-120 Rumah Tidak (RT). Dari sinilah lalu kita sebut satu per-sensus ada batasannya yang jelas, bisa satu RT satu Kon-sensus, bisa juga dua blok sensus atau RT, tergantung dari jumlah muatannya. Kalau di Ternate ada sekitar 500 ratusan per-Sensus, “ucapnya

Kemudian terkait dengan total untuk blok Sensus dirinya tidak mengungkapkan, tapi yang pasti hanya di pilih 50 kon-Sensus, dari setiap blok Sensus, kemudian dipilih kembali 10 rumah tangga yang mewakili RT yang ada di Kota Ternate. Selain itu, hal- hal yang disampaikan dalam pelatihan tersebut kata  Kepala Seksi, lebih mengarah kepada cara me-wawancarai warga.

“Seperti menanyakan umur anggota rumah tangga, kondisi mereka seperti apa?, pekerjaan mereka?, kemudian juga menanyakan keluhan kesehatan, berobat atau tidak, lalu memakai jaminan sosial atau tidak?, Selain itu mereka menerima bantuan dari pemerintah atau tidak?, jadi dilihat dari berbagai macam sisi. Nanti kita lihat dari konsistensinya dari Wawancara,Ia berharap, saat pendataan nanti masyarakat dapat  menjawab dengan tepat dan jelas, sehingga data yang diperoleh lebih benar dan tepat.

Bimo juga menambahkan, Survei Sosial Ekonomi Nasional dalam pendataan dilakukan dua kali, yakni pada bulan Maret dan September. “Untuk Maret memiliki banyak sempel, sebab cakupannya. Nanti akhir hasilnya sampai Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk September itu skopnya sampai tingkat Provinsi saja,”Tamba Bimo..#MI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!