Terkait UPI-UPBJJ, UT Kota Ternate Kembali Lakukan Seminar Akademik

Swaramalut.com,Ternate

Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan tinggi Universitas Terbuka (UT) Kota Ternate kembali mengelar seminar akademik dalam rangka Upacara Penyerahan Ijasah (UPI)Unit Program Belajar Jarank Jauh(UPBJJ) UT Kota Ternate kegiatan tersebut di pusatkan ballroom grand Dafam hotel Kelurahan Jati Kecamatan Ternate Selatan.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut merupakan alumni  dari berbagai program studi yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota.

Kegiatan yang bertemakan “Konsep Pendidikan Di Era Digital” itu akan dilanjutkan dengan upacara penyerahan ijazah yang akan dilakukan pada senin (16/4/2018) besok.

Foto Dekan fakultas ekonomi UT. DR ali muftiyanto SE MSi.

Kepala UPBJJ-UT Kota Ternate Anfas ST,MM Saat memberikan keterangan pada sejumlah awak media di ballroom daffan hotel,minggu (15/4/2018) mengatakan,rangkaian kegiatan upacara ini sudah menjadi teradisi daerah untuk mahasiswa yang mengikuti wisuda di UT pusat, maka UT kota ternate akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa mengikuti proses upacara penyerahan pengambilan ijazah.

Anfas juga menambahkan bahwa Ini adalah lembaga pendidikan tinggi maka setiap kegiatan serimonial dalam proses penyerahan ijazah harus  di isi juga dengan kegiatan ilmiah yang satu diantaranya seperti seminar ini.

Setelah kegiatan seminar ini sebanyak 81 peserta yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota akan mengikuti proses wisuda dan hanya dua kabupaten yang tidak bisa mengikuti wisuda hanya kabupaten taliabu dan pulau morotai.

“Terkait dengan yudisium 200 peserta lebih akan tetapi yang lainnya sudah di undang di UT pusat untuk ikut proses wisuda di pusat dan sisanya 81 orang ini yang mengikuti upacara pengambilan ijazah di kota Ternate”ucap Anfas.

“Malut sendiri secara giografis merupakan daerah kepulauan dan ini merupakan satu tantanggan yang terbesar baik dari aspek biaya oleh sebab itu kita selalu memberikan kebijakan-kebijakan agar bisa selalu memberikan dorongan ke masyarakat agar lebih memanfaatkan layanan pendidikan tinggi di UT.

Selain itu juga Anfas sangat yakin bahwa IPK UT sangat bagus untuk sumberdaya manusia kita minimal punya daya desain dan bisa berkompotisi dengan yang lainnya.

Terpisah,Dekan fakultas ekonomi UT. DR ali muftiyanto SE Msi. Yang mewakili Rektor UT, mengatakan bahwa Pak menteri mengriset untuk menjadi pelopor, dan sekaligus bloking insmard, ceiber university di Indonesia, pentingnya UT sebab kita tau hari ini kita telah memasuki era revolusi industri generasi ke empat, dan itu era disteraksi Ketika di daerah ini tidak siap untuk memasuki era digital, khususnya daerah pembelajaran pendidikan ini maka kita akan tertinggal dan UT adalah pelopor untuk saat ini.

Ali juga menambahkan UT melakukan teransformasi saat berdiri dari pembelajaran jarak jauh yang masih tradisional menjadi pembelajaran jarak jauh yang moderen, yang ciri utamanya adalah model pembelajaran digital dan interaktif.

“UT hampir di seluruh tanah air dan di seluruh kabupaten/kota,sebab sekarang ini UT telah memiliki 39 kantor didaerah dan tidak kurang Dari 38 negara, tersebar mahasiswa kami, yang masih berkewarganegaraan Indonesia yang di luar negeri, bisa kuliah di UT” Ungkapnya.

“UT hari ini semakin di minati oleh lulusan-lulusan SMA maupun SMK  yang sekarang sudah selesai ujian. Kami siap menampung mereka yang tidak berkesempatan kuliah secara tatap muka di perguruan tinggi, kami bersenergi, bukan bersaing dengan perguruan tinggi tetapi UT akan berkalaborasi dengan menggunakan resos sering, kami akan berbagi untuk mencerdaskan anak bangsa” Tambahnya.

Sampai saat ini mahasiswa UT sudah lebih dari 287 ribu, bahkan data terakhir sudah di atas 300 ribu, dan akan terus berkembang..#Acim

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *