- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Wujudkan Tata Kelola BOP Kanwil Malut Gelar Sosialisasi

Swaramalut.com, Ternate

Demi mewujudkan tata kelola Biaya Operasional Perkantoran (BOP) yang baik, Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara melaksanakan Sosialisasi BOP dan Regulasi kelembagaan KUA, bertempat di The Batik Hotel.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan tiga hari terhitung dari Selasa 9-11 April ini, turut hadir yakni Direktur Kemenag beserta jajarannya, Kakanwil Malut, dan Kabag, sekaligus memberikan materi.

Kepala seksi Kepenghuluan Kanwil Provinsi Malut Muhammad Jabir Wahid mengatakan bahwa sosialisasi BOP ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masing-masing kantor urusan agama yang ada, agar mereka bisa memahami tentang cara mengelola dana operasional tersebut.

“Seperti kebutuhan-kebutuhan apa yang harus di atasi dengan dana operasional yang ada,”ujar Muhammad kepada Reporter Swaramalut.com, pagi tadi, usai dari kegiatan tersebut. Kamis (11/04/2019).

Lanjut, untuk itu, karena ini kegiatan baru maka dilibatkan beberapa Kepala KUA, kepala-kepala seksi, bendahara pengeluaran Bimas dan operator yang menangani tentang BOP di KUA dari seluruh Kabupaten/Kota.

“Nah dengan kehadiran mereka supaya dapat memahami tentang fungsi apa yang dilakukan bila biaya operasional itu ada. Kemudian apa bila itu ada, apa-apa saja yang diberikan, dan apa saja yang dibutuhkan atau dipakai di kantor untuk biaya operasional?,”kata Kasi.

Selain itu, kata dia, untuk peserta yang mengikuti sosialisasi ini sebanyak 40 orang, karena sesuai Dipa. “Alhamdulillah kegiatan mulai dari pertama sampai selesai ini jumlah-nya masih tetap 40 orang,”ucapnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa sejawat yang akan menduduki posisi KUA yang baru juga harus tau bahwa operasional itu untuk di peruntukan kepentingan kantor. “Nah dalam sosialisasi ini sudah kami sampaikan kepada mereka bahwa dengan adanya biaya operasional yang besar itu digunakan untuk kebutuhan ini itu,”tuturnya.

Selanjutnya, kata Kasi, ide-ide yang telah di sampaikan dalam kegiatan tersebut oleh rekan-rekan telah diterima, dan itu akan menjadi catatan khusus. “Jadi kita akan buat catatan khusus dan itu akan kami sampaikan kepada pimpinan,”paparnya.

Kasi berharap, dari kegiatan ini mudah-mudahan tidak hanya sampai disini, tapi terus belajar untuk memahami biaya operasional di masing-masing KUA, agar teralisasi.

“Hal ini tentu sebagaimana yang telah di sepakati sesuai Juknis yang telah di berikan. Dan mudah- mudahan mereka bisa mengikuti seperti apa yang ada di juknis sehingga tidak ada lagi kesalahan-kesalahan selanjutnya,”jelas Kasi..#MI

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!