banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Akademisi Tanggapi Perubahan Air Laut dan Ikan Mati di Pulau Makian

102
×

Akademisi Tanggapi Perubahan Air Laut dan Ikan Mati di Pulau Makian

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Halsel

Peristiwa perubahan air warna air laut dan matinya ikan di pulau Makeang kabupaten Halmahera Selatan yang membuat geger dan rasa cemas masyarakat Makeang mendapat tanggapan dari dosen Ilmu Perikanan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Azis Husen S.Pi, M.P.

Menurut Azis, terjadinya perubahan warna laut dari biru jadi merah atau hijau kekuningan di pulau Makeang Halsel ternyata ada hubunganya dengan ledakan alga (blooming alga). Istilah ini kita dengar populasi fitoplankton, yaitu tumbuhan yang hidupnya mengapung atau melayang di laut, biasanya terjadii perairan air laut atau danau

“Penyebabnya terjadi perubahan air laut adalah karena pembuangan limbah industri dan limbah aktivitas rumah tangga. Limbah yang mengalir sampai laut itu mengandung nutrient, nitrat dan ortofosfat yang bisa menstimulasi proses pembiakan alga,” kata Azis.

Akademisi UMMU Ternate ini juga menyebutkan, selain itu juga ledakan alga juga terjadi ada pemanasan global, atau naiknya suhu perairan laut. Kalau suhu naik, maka aktivitas metabolisme alga jadi terpicu dan pecah sehingga warna air laut berubah dan reproduksi alga secra berlangsung lebih cepat, tutur Azis.

Azis bahkan mengatakan, warna yang muncul bergantung pada pigmen (zat warna tubuh) mikroalgae yang meledak. Biasanya kejadian seperti ini alga ini sangat berbahaya, karena selain bisa merusak sumber daya perikanan, sampai ke manusia. Ini juga bisa mempengaruhi arus laut sehingga pergerakan masa air tidak lagi normal, lalu terjadi Blooming Alga “blooming alga merupakan suatu peristiwa di mana jumlah alga yang berada di perairan membludak jumlahnya. Alga adalah hewan mikroskopik yang menyerupai tumbuhan dan merupakan organisme yang umumnya terdapat di perairan disinari cahaya matahari,” pungkasnya.. # Tox.

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!