banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Jelang Hari Raya Idul Fitri , ASDP Ternate Akan Siapkan 9 Kapal 

134
×

Jelang Hari Raya Idul Fitri , ASDP Ternate Akan Siapkan 9 Kapal 

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Ternate

Mengantisipasi kelonjatan penumpang arus mudik Menjelang Lebaran Idul Fitri, PT. ASDP Persero Ternate melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait diantaranya, Polair, Dishub, Basarnas, TNI, Polri, BMKG, Jasa Raharja, KSOP, Lantas, ASDP, Beacukai.

Dalam pertemuan tersebut membahas penanganan mudik menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Tahun 2019.

“Hasil rapat kordinasi ini, demi menjaga keamanan dan kelonjakan penumpang agar bisa melayani keyamanan penumpang,”kata General Menejer (GM) ASDP Ferry Indonesia Ternate, Umar Imran Batubara, saat ditemui usai buka puasa bersama. Sabtu (25/5/2019).

Untuk mengantisipasi kelonjatan penumpang, kata Umar pihaknya akan mempersiapkan sembilan armada kapal, yang berada diseluruh lintasan di Malut untuk menangani mudik 2019 ini.

Namun, akan menjadi fokus ASDP adalah Bastiong-Rum, Bastiong-Sofifi, Ternate-Bitung dan juga ada satu lintasan yang perlu dianstisipasi yaitu Bastiong-Makian. Sementara untuk diwilayah bastiong dan sekitarnya itu, ada 5 kapal yang disiapkan ditambah 2 kapal dari AMP.

Selain itu katanya, didalam areal pelabuhan Bastiong ferry nanti akan dibuat posko terpadu, sebelum H-7 sampai H+ 7.

Dan pihak Asdp juga melibatkan fungsi TNI dan Polri untuk diperuntukan dalam pengawasan pelabuhan dan pemeriksaan barang bawaan penumpang pada saat mudik.

“Kami akan di bantu dengan pihak Polri dan TNI untuk menjaga keamanan di areal pelabuhan agar bisa memeriksa barang-barang bawahan penumpang. Begitu juga dengan keselamatan penumpang menjelang lebaran,” ujarnya.

“Kapal yang doking bulan ini, hanya KMP Barona, dan diperkirakan tanggal satu sudah balik ke lintasan dan siap untuk melayani. Cuman dari pihak swasta KMP Aeng Mas yang belum bisa beroperasi menjelang lembaran,”ujarnya lagi.

Berdasarkan data tahun lalu pada saat hari H, arus mudik masyarakat yang bersilaturahim dari Ternate ke Tidore itu sangat padat.

Sehingga diperediksi data untuk Bastiong-Rum itu pada hari H dan H-1, dan di Bastiong-Sofifi pada H-3 akan terjadi kenaikan penumpang.

“Dalam keadaan bagaimanapun belum ada perubahan dari pemerintah kita tetap terapkan itu. Kami dari pihak Asdp akan berusaha semaksimal mungkin bisa melayani masyarakat yang akan mudik lebaran pada tahun ini dengan aman lancar,” ungkapnya.#MI

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!