banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Ansar : Banyak Produk Malut di Pangkal Pinang

103
×

Ansar : Banyak Produk Malut di Pangkal Pinang

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Ternate.

Kepala Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Koperasi dan Unit Kerja Masyarakat (UKM) Provinsi Maluku Utara, Ansar Naim, menyampaikan terima kasih kepada Kementrian Koperasi dan khususnya Deputi Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pihak kementrian koperasi ini sering melaksanakan kegiatan di Kota Ternate. Tentu berarti Ternate tidak terbelakang lagi,”ujar Ansar pagi tadi di Muara Hotel saat izhoma. Rabu (28/08/2019).

Dikatakan, dalam pelatihan tersebut ada tiga kegiatan pelatihan profesional yang diikuti oleh organisasi masyarakat yaitu pemuda pancasila, HMI, KNPI Malut, pihak pesantren dan ibu-ibu majelis taqlim.

Ada 90 peserta yang ikut dalam pelatihan ini, dan di bagi menjadi tiga klas atau tiga bidang salah satunya bidang pengolahan makanan dasar ikan, kerajinan profesional berlaku pada usaha UKM melalui bisnis Online dan pelatihan profesional.

“Saya sangat bersyukur, karena di Kota Ternate berbisnis melalui sistem Online sudah begitu cukup banyak, karena sudah berapa kali kita laksanakan pelatihan-pelatihan,”ucap Ansar.

Ansar bilang, untuk di Kota ternate telah memiliki banyak prodak, namun masih kalah pada mutu dan kemasan. Tapi kemasan dan mutu sudah bagus, akan tetapi tidak di kenal secara luas.

“Saya perna berkunjung ke daerah pangkal pinang dimana ada produk Malut juga ada disana. Ini berarti kita sudah cukup berhasil bahwa bisnis Online untuk prodak Malut sudah cukup di kenal. Tapi belum dikenal secara luas,”kata kepala Plt.

Lanjut Ansar, paling banyak yaitu kenari dan ikan olahan, dan ini sudah cukup dikenal, akan tetapi yang menjadi kekurangan yakni kalah dalam kemasan.

“Kemudian minggu lalu ada pelatihan juga mengenai kemasan dimana peserta-nya dari pihak UKM yang sudah memiliki usaha, tapi kalau dilihat dari mutu-nya sudah bagus, namun kemasan- nya sering di bungkus ulang dengan kertas,”ucap Ansar.

Selain itu, untuk target kedepan ia mengatakan, pihak kementrian koperasi akan melakukan evaluasi. Lanjut, Insya Allah akhir tahun akan dilakukan evaluation (Evaluasi) kepada perserta yang sudah undang, apakah ada pergeseran lebih baik atau tidak?

“Kalau misalkan di dalam evaluasi kurang begitu menjanjikan, mungkin akan merubah cara pelatihan. Tetapi apa bila bagus tentu terus ditingkatkan. Kedepan semoga pelatihan-pelatihan seperti ini selalu tetap ada, karena ada wirausaha baru sudah kita latih dan sudah bagus,”harap Ansar.

Diketahui, dalam kegiatan pelatihan Vocational bagi organisasi masyarakat dan pemuda bidang pengolahan makanan berbahan dasar ikan, serta Vocational berbasis E-Commerce, dan Vocational yang dilaksanakan oleh kementrian Koperasi RI melalui Deputi bidang pengembangan SDM tersebut itu turut hadir petinggi propinsi Malut, serta beberapa delegasi dari organisasi pemuda, pihak Unit Kerja Masyarakat (UKM), dan beberapa tamu undangan lainnya..# MI

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!