banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Bupati Danny Lepas JCH Halbar

119
×

Bupati Danny Lepas JCH Halbar

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Halbar – Pemerintah Kabupeten Halmahera Barat (Halbar) secara resmi melepaskan Jamaah Calon Haji (JCH) musim haji tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi asal Halbar sebanyak 90 orang, pada Senin (09/07/2019).

Pelepasan JCH yang dilangsungkan di Masjid Raya (Sigi Lamo) Desa Gofasa Kecamatan Jailolo itu, dihadiri oleh Bupati Danny Missi, Wakil Bupati (Wabup) Ahmad Zakir Mando, Sekda Drs. Syahril Abdul Rajak, Wakapolres Kompol. Angga Heldiansah, Pabung Kodim 1501 Ternate – Halbar Kapten Inf Nurcholis, Kakan Kemenag Halbar Drs. Hi Indris, mewakili Kajari Halbar
Kasubsis Pidsusu Fitriyana Yustiawan, Para Asiten dan unsur SKPD, serta Tokoh Agama se – Halbar.

Laporan Ketua Panitia yang disampaikan Kakan Kemenag Halbar, Drs Idris, pelaksanaan Ibadah haji musim Haji tahun 1440 Hijriyah / 2019 Masehi di dasarkan Undang – undang No 13 thn 2018, PP No 79 thn 2012 dan Keputusan Gubernur Malut No. 360/KPTS/MU/2019.

Suasana pelabuhan Jailolo saat para jch Naik ke Kapal

“Dari SK gubernur Malut tersebut, Halbar mendapatkan penambahan kuota sebanyak 22 orang dari kuota sebelum 68 orang, yang mana semuanya dinyatakan siap berangkat,” ungkapnya.

Dan ke 90 JCH Halbar ini dikelompokkan dalam kloter 7, yang terdiri dari 2 rombongan 8 regu yang tergabung bersama JCH asal Tidore kepulauan, Haltim dan Kepulauan Sula.

Sementara, lanjut Idris, dari sisi kesehatan, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan terakhir, dari total 90 orang JCH, sebanyak 45 orang diantaranya adalah Jamaah dengan status Resiko Tinggi, baik dari sisi Usia maupun kesehatan dengan kategori penyakit Diabetes Melitus 9 orang, Hipertensi 27 Orang dan Waniti Usia Subur 10 Orang.

Para JCH Halbar saat berada di Kapal

“Setelah pelepasan, hari ini, para jama’ah langsung diberangkatkan ke Embarkasi Makassar dari Ternate pada tanggal 10 Juli, besoknya langsung ke Embarkasi Madinah, dan rencana pemulangan jamaah yang tergabung dalam kloter 7 direncanakan pada 23 Agustus dari Jeddah ke Makassar dan dari Embarkasi Makassar ke Ternate pada tanggal 24 Agustus dan langsung ke Jailolo,” tutup mantan Kakan Kemenag Halteng.

Terpisah Bupati Danny dalam sambutannya, mengatakan, Ibadah  haji  merupakan  rukun  islam yang  ke-lima  dan  menjadi  kewajiban  bagi  setiap  umat  islam  yang  mampu  untuk  melaksanakannya baik secara materi, keimanan ketakwaan sebagai seorang hamba Allah.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar para JCH bisa menjalankan ibadah dengan baik dan terpenuhinya segala rukun dan wajib, sehingga nantinya bisa menjadi haji yang mabrur. Dan jagalah selalu nama baik bangsa, negara dan daerah kita sebagai perwujudan rasa cinta dan bangga sebagai bangsa indonesia, khususnya masyarakat Halbar.

“Dan untuk para pendamping yang ditugaskan, agar tetap amanah dalam menjalankan tugasnya, sebab menjadi petugas pedamping haji jangan diartikan sebagai hadiah, melainkan amanah yang harus dijalankan dengan baik oleh pelaksananya,” kata Danny.

Untuk itu, tolong antar JCH kita dari Halbar hingga kembali ke Halbar dengan baik, semoga tetap dalam keadaan sehat dan selamat. Akhirnya saya ucapkan selamat jalan, kepada saudara-saudari, tamu-tamu Allah.

“Dan kami yang ada di Halbar akan selalu mendoa-kan saudara-saudari sekalian bisa melaksanakan rukun islam ini dengan baik, dan kelak setelah kembali ke Halbar bisa menjadi teladan serta penerang baik bagi umat islam, maupun  segenap masyarakat Halbar,” pinta Bupati.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan uang saku dan kartu sehat dari Pemda Halbar, yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Halbar yang didampingi unsur Forkompimda Halbar.#chull

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!