banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

DISKOMINFOSAN Provinsi Malut Gelar Seminar RITIK Tahun 2019

101
×

DISKOMINFOSAN Provinsi Malut Gelar Seminar RITIK Tahun 2019

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian(Diskominfosan) Provinsi Maluku Utara mengadakan seminar Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK). Seminar ini bertujuan untuk Kolaborasi dan Ekselerasi untuk SPBE Handal,kegiatan ini bertempat Gamalama Meting Room Dafan Hotel, Kamis, (19/12/2019).

Kepala Dinas Kominfo malut yang diwakilkan Ketua Panitia kegiatan Kabid Infrakstruktur TIK dan E Government DR.Hi.Iksan Arsyad, M,Si dalam laporannya mengatakan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dan persandian sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai jalan untuk mewujudkan Smart Govermman atau tata kelola pemerintahan yang baik.

foto : Ketua Panitia kegiatan Kabid Infrakstruktur TIK dan E Government DR.Iksan Arsyad, M,Si

sejalan dengan kemajuan informasi dan teknologi saat ini, kata Iksan maka pengembangan implemntasi TIK dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi sebuah keharusan sebagaimama amanat presiden republik indonesia yang telah diinstruksikan melalui Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) membutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah agar dapat berjalan sesuai target.

Lanjutnya, Pengembangan TIK juga sangat mendukung tindak lanjut rencana aksi komisi pemberantasan korupsi terintegrasi yang merekomedasikan untuk memperkuat dinas komunikasi dan informatika sebagai Leading sector pememfaatan teknologi informasi dan komunikasi, serta memastikan ketersediaan SDM yang kompeten dalam mendukung penyelenggaraan TIK.

“Rencana Induk TIK secara umum ditunjukan untuk memberikan arahan yang nyata, terukur, realistis. selain itu penyusunan rencana induk TIK juga memberikan landasan berpikir, standardisasi, penahapan dan implementasi bagi pengembangan TIK yang komprehensif,efisien ,efektif dan terpadu ”jelasnya.

Penjabat Sekertaris daerah provinsi maluku utara Andi Bataralifu dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa untuk mendukung TIK ini, pemerintah daerah telah menyusun peraturan tentang rencana induk teknologi informasi dan komunikasi serta  tentang pedoman penyelenggaraan TIK dalam penyelenggaraan integrasi aplikasi Smart Govermman di Lingkup Pemerintah Provinsi maluku utara.

foto : Penjabat Sekertaris daerah provinsi maluku utara Drs.Andi Bataralifu

“Saya berharap teknologi informasi dapat mendukung pengelolaan pemerintah yang lebih efesien sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah dalam berbagai sektor” katanya.

Dalam seminar ini juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Malut Andi Bataralifu,Bupati Halmahera Timur Ir Muhdin,Bapedda Malut Samsudin A Kadir ,Inspektorat Achmad Purubaya Malut,Kaban Lingkungan Hidup Fahrudin Tukuboya,Karo Pengadaan Barang dan jasa malut Safudin Djuba,Ketua panitia DR Iksan Arsad M.Si serta Insan Pers dan Undangan Lainnya..#red

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!