banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Gelar Musrembang, Kelurahan Makasar Timur Libatkan LPM dan RT

111
×

Gelar Musrembang, Kelurahan Makasar Timur Libatkan LPM dan RT

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com -Ternate

Tepat Kamis, (23/01/2020) pagi tadi pemerintah Kelurahan Makasar Timur, Kota Ternate Tengah, melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrembang).

Kegiatan Musrembang yang dilaksanakan di Kantor Lurah ini turut hadir Camat Ternate Tengah, yang di wakili oleh Sekretaris Camat Jamadul Almar SE, ketua LPM, bersama ketua-ketua RT, dan beberapa tamu undangan.

Sekretaris Camat Ternate tengah, Jamadul Almar SE, usai Musrembang mengatakan, kemarin pihak Kecamatan sudah membagi setiap Kelurahan untuk perwakilan seleksi bagi stafnya.

“Kita sebagai tim dari Kecamatan kami hanya memantau pelaksanaan Musrembang, karena kegiatan Musrembang ini berawal dari Kecamatan baru menawarkan ke Kelurahan, karena program ini melekatnya di Kelurahan,” ujar Jamadul pagi tadi.

Ia katakan, jadi sudah ada beberapa Kelurahan yang sudah melaksanakan Musrembang salah satunya hari ini adalah Kelurahan Makasar Timur. Lanjut Sekcam, alhamdullillah hari ini semua berjalan dengan mulus, aman sesuai dengan usulan-usulan yang akan di akomodir.

“Muda-mudahan ini di akomodir semua sesuai dengan usulan yang ada di Kelurahan, terutama untuk Kelurahan Makasar Timur itu akan disesuaikan dengan usulan masing-masing RT, dan mudah-mudahan dapat di akomodir,”ucap Sekcam.

Karena menurut Sekcam, Anggaran yang melekat di kelurahan tersebut ada dua anggaran yaitu DPPK yang bersumber dari APBD, dan DK yang bersumber dari APBN.

“Harapan dari pihak Kecamatan mudah- mudahan terlaksana dengan baik dan sukses supaya program yang di salurkan ke Kelurahan itu menyentuh langsung ke masyarakat, sehingga program tersebut dirasakan supaya mereka tidak rasa jenuh dengan lingkungan yang ada, memang tadinya tidak dilaksanakan bisa dirubah, sehingga bisa rasakan karena di dalamnya ada fisik, dan pemberdayaan,” papar Jamadul.

Ditempat terpisah, Lurah Makasar Timur Nahrul Zakri menyampaikan, Musrembang yang dilaksanakan hari ini untuk Bermusyawarah dan menyepakati rencana kegiatan dana Kelurahan (DK) dan dana pembangunan partisipasi Kelurahan (DPPK).

“Kemudian menerima usulan-usulan dari masing-masing RT, terkait dengan program-program kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Kelurahan nanti. Jadi setelah kami laksanakan musrembang ini tidak ada lagi yang mengklaim bahwa kita pilih kasih mana yang mendapatkan lebih banyak dan mana tidak,”ucap Nahrul.

“Kemudian hal-hal penting disampaikan di Musrembang ini yang paling banyak dititik beratkan yaitu infrastruktur pemukiman, dan usaha-usaha kecil Ibu-ibu yang masih produktif dalam arti ingin membantu ekonomi keluarga. Saya sudah sampaikan tadi bahwa insya Allah tahun ini saya akan akomodasi kan ke APBD,”jelas Lurah.

Selain itu, dalam musrembang tersebut ia katakan, ada 6 enam RT turut hadir diantaranya Rt 5, Rt 3, Rt 8, Rt 1, Rt 2, dan Rt 4. Ia menyampaikan, tadi mereka (Masyarakat) sudah sampaikan usulan-usulan yaitu pembuatan sumur warga, UKM, Kursi, tempat sampah, dan PAUD.

“Insya Allah dari beberapa usulan ini kami akan bagi-bagi porsi supaya pekerjaan bisa selesai. Nah selesai dari Musrembang ini kami (Kelurahan) berharap kepada masyarakat kelurahan Makasar timur bersama LPM untuk berpartisi mengawal melaksanakan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang berlaku,”pungkas Lurah..#MA

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!