banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Panwaslu Kao Barat Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang

584
×

Panwaslu Kao Barat Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com HALUT- Panwaslu Kecamatan Kao Barat, Halmahera Utara, melaksanakan apel siaga dan patroli pengawasan masa tenang Pemilu 2024 di halaman sekretariat Panwaslu setempat, Sabtu (10/2/2024).

Apel siaga dan patroli pengawasan itu diikuti oleh seluruh jajaran Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD), serta Pengawas TPS se Kecamatan Kao Barat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kao Barat, Jeims Sleimin Hayati dalam arahannya mengatakan bahwa ini merupakan akhir dari tahapan kampanye.

Karenanya sebagai bentuk tanggung jawab serta komitmen bersama untuk mewujudkan asas Pemilu maka tidak terjadi pelanggaran.

“Misalnya soal keterlibatan unsur-unsur yang dilarang seperti ASN, BPD, Kades dan perangkat desa lainnya,” ujar dia.

Bahkan dalam memasuki masa tenang, pihaknya meminta kepada jajaran Panwaslu setempat agar lebih meningkatkan pengawasan di desa.

“Awasi pergerakan caleg, jangan lagi ada kegiatan kampanye pada masa tenang, melakukan politik uang dan menyebarkan isu sarah yang dilarang undang-undang Pemilu,” jelas Ketua.

Sementara itu, Kordiv Hukum pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H), Weise Buma menambahkan terhitung mulai saat ini bagi Panwas mendapat tugas banyak yang dikerjakan menjelang pemilihan.

Untuk itu kepada jajaran Panwaslu tingkat desa bisa memantapkan pencegahan dengan melakukan identifikasi permasalahan dan isu-isu memasuki pungut hitung pada penyelenggaraan Pemilu.

“Sebelumnya, pelajari aplikasi SISWALU yang sudah dijelaskan agar semua laporan bisa dilaporkan dengan baik,” katanya.

Nokfelis Engin selaku Kordiv Penangan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) juga menjelaskan selain teknis Pengawasan, dasar utama dari pelaksanaan Pemilu itu adalah penguasaan regulasi Pemilu.

Dengan begitu, kata penyelenggara Kecamatan dua periode ini proses pengawasan pungut hitung akan dapat berjalan dengan baik.

“Dalam tugas pengawasan itu jangan takut dengan ancaman apapun, karena kita dilindungi undang-undang, jika terjadi harap agar segera berkordinasi untuk ditindak lanjuti oleh Panwaslu,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan agar pengawas desa di Kao Barat, tetap menjaga kesehatan dan terus meningkatkan semangat dalam mengawasi setiap proses Pemilu.#jojo

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!