banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Pemda Morotai Gelar Uji Kelayakan Dan Kepatutan Calon Anggota BPD

105
×

Pemda Morotai Gelar Uji Kelayakan Dan Kepatutan Calon Anggota BPD

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan bagi Calon Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-kabupaten Pulau Morotai tahun 2019, bertempat Aulah Kantor Bupati, Desa Muhajirin, Kec. Morotai Selatan (Morsel), Selasa (05/11/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Alexsander Wermasubun dalam sambutanya mengatakan, peran dan fungsi BPD selaku lembaga representasi rakyat perlu dilaksanakan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sehingga melalui uji kepatutan seluruh calon anggota BPD dapat membantu bupati dan wakil bupati dalam pencapaian program pembangunan yang sudah ditetapkan oleh Bupati.

“Salah satu cara untuk mendapatkan anggota BPD yang berkualitas yang mampu melaksanakan fungsi-fungsi BPD maka sebelum calon anggota ini masuk pada proses pemilihan perlu dilakukan uji kelayakan dan kepatutan bagi anggota BPD,” kata Alex.

Bagi calon anggota BPD yang ikut pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan ini dinyatakan tidak berhasil dan bagi anggota BPD yang tidak hadir pada acara uji kelayakan dan kepatutan ini dinyatakan tidak berhak mengikuti pemilihan anggota BPD pada desanya masing-masing.

“Perlu juga kami laporkan kepada Bupati kegiatan ini diikuti oleh 19 Desa dengan jumlah calon anggota BPD sebanyak 245 orang yang hadir 214 yang belum hadir 31 orang. uji kelayakan dan kepatutan ini terdiri atas tes pengetahuan umum dan wawancara tentang regulasi lainnya,” uajngpnya.kata Alexsander.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai Beny Laos dalam sambutanya mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan ini karena fenomena yang hadir dan terjadi di Desa BPD hadir bukan sebagai pemerintah untuk bekerja sama dengan kepala desa dalam melakukan pengawasan program dari pemerintah malah menjadi oposisi sehingga program pemerintah tidak berjalan dengan baik di desa karena sering terjadi kesalapahaman antara BPD dengan kepala desa.

Menurutnya, uji kelayakan dan kepatutan merupakan proses politik yang mengacu pada amanatkan Undang-undang, bahwa kekuasaan yang tertinggi adalah di tangan rakyat sehingga rakyat harus dilayani dengan baik bukan sebaliknya.

“BPD bertindak sebagai DPR di Desa sehingga mitra bagi pemerintahan Desa BPD harus bekerja sama dengan kepala desa untuk melayani pemerintah dengan berbagai program kegiatan yang di laksanakan,” kata Benny.

“Ketika terpilih kalian adalah pemerintah yang di pilih untuk melayani kekuasaan yaitu masyarakat itu sendiri agar tidak terjadi penyimpangan di desa sehingga tercapai tujuan pelayanan dengan baik di tingkat masyarakat Desa,” sambungnya.

Adapun desa-desa yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan tadi diantaranya Kecamatan Morotai Jaya, Desa Loleo, dan Desa cempaka untuk Kecamatan Morotai Selatan Barat Desa Tiley pantai, Bobula, dan Cio Maloleo.

Sedangkan untuk Kecamatan Morotai Utara yaitu Desa Maba, dan Gorua Selatan. Kecamatan Morotai Selatan Desa yaitu Daeo Majiko, Sabala, Falila, Nakamura dan Desa Morodadi. Kecamatan Morotai Timur yaitu Desa Sangowo Barat, Sangowo Timur, Gamlamo, Dokumira, Gosoma Maluku, Seseli Jaya, dan Desa Hino..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!