banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Sinkronkan Program Provinsi dan Kabupaten/Kota, BPMD Gelar Rakornis

95
×

Sinkronkan Program Provinsi dan Kabupaten/Kota, BPMD Gelar Rakornis

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Untuk menyinkronkan program antara Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan program bersifat Nasional, Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Maluku Utara (Malut) gelar rapat koordinasi teknis (Rakornis).

Kepala Dinas BPMD Provinsi Malut Drs. Syamsudin Banyo saat di konfirmasi mengatakan, tujuan dari Rakornis dinas BPMD bersama dengan dinas BPMD Kabupaten/Kota ini untuk sinkronisasi kan program Provinsi dan Kabupaten/Kota dan program bersifatnya Nasional.

“BPMD ini domainnya desa, namun bila mana kita kurang maksimal melakukan koordinasi dan sinkronisasi terhadap program maka sasaran itu tidak akan tercapai,”ucap Syamsudin siang tadi di Muara Moll. Kamis, (12/3/2020).

Maka dari itu, rapat koordinasi teknis ini tidak hanya membicarakan sebatas pada persoalan-persoalan perangkat pemerintahan, tapi menyangkut dengan pemberdayaan masyarakat, kemudian bagaimana melihat fungsi perangkat di desa yang maksimal, dan juga soal terkait pengembangan usaha Desa.

Selain itu, terkait dengan program Drafnya sudah disiapkan, tetapi kesepakatan akhir nanti pada saat diskusi tehnis ada kesepakatan antara
Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dan itu nantinya disampaikan ke pemerintah Provinsi supaya menjadi bahan rujukan pada saat Musrembang Provinsi.

“Sehingga ini menjadi bahan rujukan program Kabupaten/Kota dan desa, agar program pembangunan yang dilaksanakan bisa terbaca dan dilihat secara nyata, tidak hanya merumuskan program di belakang meja, tapi harus diimplementasikan,”jelas Syamsudin.

Kadis berharap, kedepan koordinasi yang efektif antara Provinsi dan Kabupaten/Kota, supaya apa yang di rumuskan dan di rekomendasi kan itu menjadi pegangan untuk perumusan lebih lanjut.

“Kalau sudah merumuskan dengan berbagai pikiran yang dinamis dalam forum ini, lalu rekomendasi itu tidak ditindaklanjuti oleh Kabupaten/Kota dan Provinsi, maka apa yang kita inginkan tidak akan tercapai,”ujar Kadis.

Lanjut Kadis, untuk itu harus ditindaklanjuti, karena ini sesuatu yang berkembang murni dari berbagai masukan untuk dirangkul, dan di ramu dalam bentuk rekomendasi..#MA

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!