banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Cegah Aliran Baru Di Morotai, Kanwil Kemenag Malut Gelar Pembinaan

100
×

Cegah Aliran Baru Di Morotai, Kanwil Kemenag Malut Gelar Pembinaan

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Untuk menciptakan Kabupaten Pulau Morotai  aman, nyaman dan kondusif dari pengaruh pengaruh faham keagamaan yang menyimpang dari ajaran Islam( Al-quran dan Al-hadits) Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar Pembinaaan Paham keagamaan di pulau morotai, bertempat di Madrasa Aliyah, Desa Darame, Kec. Morotai Selatan, Selasa (03/09/2019).

Dalam pembinaan paham keagamaan itu, kegiatan yang mengambil tema “Moderasi Kehidupan Umat Beragama,” itu, direspon positif oleh 30 peserta yang terdiri dari elemen terkait baik MUI, tokoh agama Islam, toko pemuda Islam, para penyuluh agama.

Foto Peserta Pembinaan Paham Keagamaan Di Madrasa Aliyah Morotai

Kegiatan pembinaan yang dibuka langsung oleh kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Malut, Sarbin Sehe, S.Ag, M.Pdi dengan pembicara yakni Kepala Kemenag Pulau Morotai M. Qubais Baba dan Ketua MUI Pukau Morotai H. Arsad Haya.

Dalam penyampaiannya M. Qubais Baba menjelaskan semakin majunya ekonomi dan teknologi  maka segala sesuatu pun diukur dengan rasio (akal). Akibatnya, lanjut Dia, masalah agamapun seharusnya diyakini dengan hati  dan akal, hanya diukur akal saja, karena kemampuan akal sangat terbatas, dan tidak mampu, akhirnya menafsirkan sendiri dengan tidak menggunakan kaidah yang benar.

“Munculnya pemahaman (aliran) baru yang menyimpang dan keluar dari mainstream (kaidah agama yang baku ). Maka kami dari  Kemenag Pukau Morotai berkewajiban untuk meluruskan dan menyelamatkan akidah umat dengan mengadakan Pembinaan Paham Keagamaan se-pulah morotai,” kata Qubais.

Sementara Ketua MUI Pulau Morotai, H. Arsad Haya menyambut baik langkah kantor wilayah kemenag provinsi mengadakan kegiatan yang menjurus kepada penyelamatan akidah umat dari faham-faham yang keliru dan menyimpang dari ajaran Islam sebenarnya.

“Kami sangat mengapresiasi setingi tinginya kepada Kantor Wilayah Kemenag beserta jajarannya atas inisiatif yang sangat positif dan mulia ini, semoga program pembinaan pemahaman keagamaan ini dapat di manfaatkan seluruh toko agama maupun toko pemuda Islam yang ada di pulau morotai,” Kata Arsad

H. Arsad mengakui  kegiatan ini perlu terus di tingkatkan karena pembinaan pemahaman keagamaan yang di gelar berdampak posistif bagi keselamat akidah umat dan menjaga kondusivitas pulau morotai.

“Program inilah yang kami tunggu-tunggu masyarakat, buktinya masyarakat sangat antusias menyambuat kegiatan ini, dan mereka siap menindak lanjuti kedepannya,” ujarnya..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!