banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Diduga Bantuan Pemerintah Diatasnamakan IKA-Togale Halsel, Begini Tanggapan Bahrain

121
×

Diduga Bantuan Pemerintah Diatasnamakan IKA-Togale Halsel, Begini Tanggapan Bahrain

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Halsel – Pendistribusian bantuan kepada para korban gempa bumi yang terjadi pada 14 Juli 2019, di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), oleh Paguyuban Ikatan Keluarga Tobelo Galela (IKA- Togale) menuai banyak masalah.

Pasalnya, bantuan tersebut diduga milik pemerintah Kabupaten Halsel yang diatasnamakan IKA – Togale, selain itu dalam pemberian bantuan juga terkesan pilih kasih.

Berdasarkan hasil pantauan wartawan dilapangan khususnya di kecamatan Bacan Timur Tengah, penyaluran bantuan atasnama IKA Togale, dipimpin oleh beberapa pejabat eselon III dilingkup Pemkab Halsel, sehingga dugaan kuat bantuan itu dari Pemerintah, namun mengatasnamakan bantuan dari IKA-Togale.

Anehnya lagi pembagian bantuan ini terkesan pilih kasih karena mereka hanya membagikan bantuan ke beberapa desa yang penduduknya Togale seperti desa Tutupa, desa Bibinoi, desa Songa Pante dan desa Tawa, sementara desa Tomara, desa Tabapoma desa Songa dusun dua tidak diberikan bantuan.

“Heran saja, kenapa desa – desa ini pembagian bantuan dilewatkan padahal mereka juga menerima dampak gempa yang luar biasa dan bahkan rata-rata mengungsi ke hutan atau gunung,” Tutur berberapa warga ketika ditemui.

Bupati Halsel
Bahrain Kasubag ketika dikonfirmasi reporter, dirinya membantah, bahwa bantuan yang dibagikan oleh IKA-Togale adalah murni bantuan dari IKA-Togale bukan dari pemerintah

“Tidak ada dari pemerintah, itu patungan dari IKA-Togale,” katanya, kepada wartawan, Rabu (17/07/2019).

Sementara pernyataan berbeda juga disampaikan, Ketua IKA-Togale Halsel, Samsi Subur, ketika dikonfirmasi juga memberikan klarifikasi terkait dengan dugaan tersebut. Menurut Samsi, dalam pembagian bantuan tidak ada desa yang dilewati, karena untuk desa Tomara, Silang dan Piga Raja sudah mendapat bantuan tahap pertama dari Perusahan Kayu.

“Sedangkan untuk Tabapoma dan Songa dusun dua bukan tidak dilewati namun setelah dari Bibinoi baru balik ke Tabapoma jadi hari ini mungkin sudah didistribusikan,” ujarnya, Rabu tadi.

Memang, lanjut Samsi “Ada sebagian bantuan dari pemerintah seperti tikar dan sebagainya, namun ada sebagiannya dari IKA-Togale, seperti supermi dan sebagainya dan kami relawan dari IKA-Togale membantu pemerintah menyalurkan bantuan ke korban bencan,” Tuturnya.

Sekedar diketahui eberapa pejabat yang mendistribusikan bantuan IKA-Togale diantaranya M Zaki Wahab, Suhdan Kasuba, Yaman Dan Mape, Sagaf Kasuba, Noce Totononu serta Frans Fofoki.# Tox

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!