banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Festival Pesona Negeri Saruma dan Porprov Segera Digelar 

98
×

Festival Pesona Negeri Saruma dan Porprov Segera Digelar 

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – LABUHA

Festival Pesona Negeri Saruma bakal dihelat di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Untuk itu pada 6 Desember 2016, Sekertaris Daerah (Sekda) Halsel Helmi Surya Botutihe, melakukan audience dengan Deputy Director Of Promotion For Australia Afrida Pelitasari dari Kementerian Pariwisata, berlangsung di gedung sapta pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Sekda Halsel, Helmi Surya Botutihe didampingi oleh Putri pariwisata Malut, tahun 2010 Vivin Alwan dan Sekertaris Genpi Halsel, Muslimin La Ode Samsudin.

Dalam kesempatan itu, Sekda memaparkan keunikan dan keindahan destinasi pariwisata di Halsel, terutama destinasi under water dan beberapa destinasi wisata kuliner dan budaya serta kawan Gelora Bahrain Kasuba (GBK) yang dibangun di Ibu Kota Kabupaten Halsel. “Festival ini, akan melibatkan 22 etnis yang berada di Halsel,” kata Helmi

Helmi berharap dari Kementerian Pariwisata dalam hal ini wakil mentri pariwisata agar dapat menghadiri acara opening Festival Pesona Negeri Saruma sekaligus launching festival yang akan dijadikan event tahunan di Halmahera Selatan Maluku Utara.

Deputy Director Of Promotion for Australia Afrida Pelitasari, Sangat mendukung event Festival Pesona Negeri Saruma, dan berharap event bisa di adakan setiap tahun. “Kami sangat mendukung, dan kami akan menghadiri Event Festival Pesona Negeri Saruma ini,”ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Abdilah Kamarullah saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Festival Pesona Negeri Saruma akan dibuka pada tanggal 14 sampai pada tanggal 21 Desember 2019, bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Malut, dan akan berlangsung di Kawasan Gelora Bahrain Kasuba (GBK).

“Pembukannya bersamaan, Opening untuk Porprov siang dan Opening Festival Pesona Negeri Saruma pada Malam Hari,”jelas Abdilah.

Kadis Pariwisata juga menyampaikan tujuan di gelarnya Event Saruma Festival Pesona Negeri Saruma ini untuk mempromosikan pariwisata dan pengembangan ekonomi daerah melalui ekonomi kreatif, kemudiam memberikan informasi yang dikemas dengan aspek-aspek edukasi mengenai wisata sejarah, budaya, kuliner Nusantara maupun Maritim guna meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap sejarah secara umum. Selanjutnya menyelanggarakan Festival dalam bentuk Pemeran Budaya, Kuliner maupun adat Istiadat guna mewujudkan kawasan GBK dalam beberapa Spot Wisata yang ada di Kabupaten Halsel sebagai kawasan Sport, Taurism dan Bisnis. Dan untuk melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap seni dan budaya asli Indonesia, serta untuk membangun kebersamaan dan membangun kretivitas pada para pemudah. “Nantinya ada Stand untuk Paguyuban seperti HKG kemarin, yang akan diisi oleh para 22 etnis yang ada di Halsel yang menghadirkan Budaya dan tradisi masing-masing etnis,”kata Abdilah.

Menurut Abdilah saat dirinya sudah melakukan pertemuan bersama dengan Pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Alhamdulillah event Festival Saruma Negeri Saruma ini mendapatkan respon baik pihak Kementerian Pariwisata,”ujarnya

Sementara untuk persiapan Porprov Mantan Kadis Kearsipan ini juga menambahkan bahwa semua persiapan telah siap. “Saya berharap kedua event besar yang akan digelar secara bersamaan berjalan dengan lancar, dan saya mengajak seluruh masyarakat untuk dapat hadir dan menyaksikan langsung event ini,” harapnya. (Humas).

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!