banner 140x600
banner 140x600
PENDIDIKAN/KESEHATANSWARA DAERAH

Madrasah RA Nurul Bahri Toniku Adakan Pelepasan Siswa – Siswi

162
×

Madrasah RA Nurul Bahri Toniku Adakan Pelepasan Siswa – Siswi

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Halbar – Madrasah Raudhatul Athfal (RA) Nurul Bahri Desa Toniku Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel) mengadakan acara pelepasan Siswa – Siswi tahun ajaran 2018-2019, pada Sabtu (06/07/2019).

Kegiatan yang dilangsungkan di depan Balai Desa Toniku dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) yang diwakili Kasi Pendidikan Islam (Pendis) H. Ruslan Ilyas berlangsung meriah.

Pasalnya dalam acara pelepasan tersebut diisi dengan berbagai atraksi dari siswa-siswi Madrasah RA Nurul Bahri, yakni beberapa tarian daerah, atraksi  Pembacaan Do’a sehari-hari, Hafalan pancasila serta Rukun Iman dan Islam.

H.Ruslan, dalam sambutannya, mengatakan selaku orang tua dituntut untuk senantiasa  membekali anak-anaknya dengan Ilmu baik bersifat duniawi maupun ilmu Agama.

Pengukuhan Peserta Didik Madrasah RA Nurul Bahri Desa Toniku

“Dan bekal ilmu harus sejak usia dini, agar apa yang menjadi bekal itu akan berbekas sampai yang bersangkutan besar nantinya baik yang diperoleh melalui pendidikan formal maupun non formal,” kata Ruslan dan melanjutkan, salah satu lembaga Formal yang mendidik anak dalam pengetahuan Agama yakni Madrasah RA Nurul Bahri.

Lanjut Alan sapaan akrab Kasi Pendis, sekarang ini kita sudah memasuki zaman teknologi yang tidak ada batasan waktu dan ruang, dan untuk mengantisipasi pengaruh negatif dengan adanya perkembangan teknologi ini, anak – anak harus dibekali dengan ilmu pengetahuan agama sejak usia dini baik melalui pendidikan formal maupun non formal.

“Karena, bila anak sudah dibekali sejak dini, maka kelak ilmu tersebut bisa menjadi filter atau penyaringan bagi sang anak dalam mengakses informasi melalui media internet,” jelas Alan.

Alan juga menambahkan, guna memformalkan pendidikan Madrasah RA, maka pada tahun 2019 ini, Pemerintah melalui Kemenag akan memberlakukan Ijasa bagi Lulusan Madrasah Raudatul Adhfal (RA),” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Babingkas Toniku, juga merupakan salah satu Tokoh  pemerhati pendidikan Halbar H.Muzakir Ahmad, dalam sambutannya, mengatakan, Sejarah Pendirian Madrasah Madrasah RA Nurul Bahri di Desa Toniku pada tahun 2007 silam bersama dengan MTs Babingkas dan MA Almuzakarah Toniku.

Ketua Yayasan, H. Muzakir Ahmad memberikan Sambutan

Dan tujuan dari tiga Lembaga pendidikan Islam ini, agar anak – anak dapat mengetahui dan dapat bekal pengetahuan Agama melalui pendidikan formal, sekaligus mempermudah anak – anak memperoleh pendidikan yang mudah dijangkau , dan juga tak kalah penting adalah membuka peluang lapangan kerja bagi anak dan saudara kita yang sudah menyelesaikan Perguruan tinggi.

“Namun, pendirian tiga lembaga pendidikan agama Islam yang sudah menjadi impian saya ini, baru bisa terwujud pada tahun 2007 untuk dua lembaga, dan dua tahun kemudian (2009) baru dilakukan pembangunan lembaga MA,” Ujar Muzakir mengisahkan.

Sementara itu, Kepala RA Nurur Bahri, Nurjani H Hamisi beserta dewan guru, mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kakak Kemenag Halbar serta Masyarakat Desa Toniku atas terlaksananya kegitan pelepasan peserta didik, yang merupakan kegiatan pertama selama sejak didirikan lembaga ini,” ucapnya.

Sekedar diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut, yakni, Kepala UPTD Diknas Kecamatan Jailolo Selatan Mahmud Malan, Pemerintah  desa Toniku,  Kepala Madrasah Aliyah Toniku, Tokoh-tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan orang tua Siswa – Siswi Madrasah RA Nurul Bahri.#chull

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!